Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2013, 17:53 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu hiasan Natal yang paling terkenal adalah lingkaran Natal atau Christmas Wreath. Lingkaran ini biasanya terbuat dari daun-daun kering atau segar yang dibuat menjadi sebuah lingkaran utuh dengan tambahan pita sebagai hiasan. Lingkaran ini biasanya digantung di depan pintu rumah atau tembok sebagai lambang Natal. 

Agar tahun ini punya kesan yang berbeda, kenapa tak coba membuat lingkaran Natal dari kue yang nikmat? Selain unik, lingkaran ini juga dimanfaatkan sebagai penghias meja dan bisa disantap seluruh tamu yang datang. Cara membuatnya pun mudah.

Langkah 1:
Buatlah sebuah lingkaran besar sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan piring makan sebagai panduannya. Gambar lingkaran ini di atas kertas roti, kemudian letakkan kertas roti sebagai alas loyang kue. 

Langkah 2: 
Buat adonan kue jahe, kemudian cetak kue kering ini dengan menggunakan cetakan berbentuk daun holly, sampai adonan habis. Kemudian, mulailah menata adonan kue ini satu per satu. Susun di bagian kiri dan kanan mengikuti bentuk lingkaran di pola kertas roti. Susun dengan bagian ujung daun menumpuk pada bagian pangkal daun di depannya agar hasil jadinya tetap menempel setelah matang. Pastikan semua pola lingkaran tertutup sempurna.

Langkah 3:
Panggang adonan ini selama 20-25 menit. Dinginkan dan lepas dari kertas roti. Kemudian taburi dengan icing sugar dan ikat dengan pita besar di salah satu ujungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com