Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2013, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagai tuan rumah, Anda tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi teman-teman atau sanak saudara yang berkunjung ke tempat Anda baik merayakan Natal atau Tahun Baru nanti. Kami memberikan ide dalam penataan meja jamuan di rumah Anda.

Jamuan dengan piring putih klasik

Pemakaian peralatan makan warna putih klasik sepanjang masa. Peralatan makan warna putih dapat menonjolkan warna-warni hidangan yang Anda sajikan. Anda dapat membeli perlengkapan ini satu set piring, serta mangkuknya, saat sedang ditawarkan oleh supermarket dengan harga murah, misalnya. Warna putih pun masih cocok bila dipadankan dengan warna lain, seperti taplak meja atau gelasnya.

Keluarkan koleksi makan keramik cina kuno Anda

Jamuan makan ini merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan koleksi perlengkapan makan keramik cina kuno yang sudah Anda kumpulkan. Bila menggunakan perlengkapan yang berbeda warna atau motif dalam satu meja, cobalah untuk memadupadankan polanya atau padankan dengan warna putih.

Simpan sendok garpu mewah

Gunakan saja sendok garpu yang biasa digunakan sehari-hari jika masih berada dalam kondisi yang baik. Jika Anda memerlukan perlengkapan lebih banyak dari yang Anda miliki sekarang, belilah dalam jumlah yang besar untuk dapat Anda pakai setiap tahun.

Sediakan gelas bertangkai

Sediakan gelas-gelas anggur besar dengan batang polos. Gelas ini dapat digunakan untuk anggur merah, putih, atau minuman bersoda, bahkan juga berfungsi sebagai gelas air putih.

Gelas air tambahan

Gelas air putih juga perlu Anda sediakan, ini juga dapat digunakan untuk anggur atau minuman es buah, misalnya.

Gunakan  taplak meja

Gunakan sebuah taplak meja warna putih, lalu tambahkan lapisan warna lain dengan warna kontras. Atau, biarkan meja kayu Anda tanpa taplak meja, tekstur kayu akan terlihat menawan, tambahkan saja taplak meja kecil di tengahnya.

Tambahkan alas piring

Kain atau alas piring rotan merupakan salah satu cara untuk menambahkan aneka warna pada meja jamuan Anda. Anda bisa membuat sendiri dari kain-kain perca, misalnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com