Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Karena Ponsel, Kulit Cantik Anda jadi Kusam!

Kompas.com - 29/12/2013, 20:12 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com – Perkembangan jejaring media sosial yang pesat dan tanpa batas, akhirnya menciptakan gaya hidup baru, yaitu kebutuhan untuk mengetahui kehidupan orang lain lewat akun media sosial mereka.

Nah, waktu yang paling asyik untuk melakukan aksi “monitoring” mengenai kegiatan sahabat, rekan kerja dan saudara ini tentunya di malam hari, tepatnya beberapa jam sebelum waktu tidur. Tapi, hati-hati lho... karena kebiasan tersebut dapat berdampak buruk pada kecantikan Anda.

Menurut studi yang dilakukan oleh Lighting Research Centre (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute mengatakan bahwa menggunakan smartphone atau gadget lainnya dua jam sebelum tidur memicu gangguan tidur. Kebiasaan ini ditengarai sebagai “biang keladi” yang menyebabkan penekanan melatonin, zat kimia yang mengendalikan “jam tubuh” manusia.

Sinar yang berasal dari layar ponsel dan gadget Anda ini lah yang menekan melatonin sehingga mengganggu kerjanya pada tubuh dan  memengaruhi otak yang sebelumnya akan beristirahat jadi kembali aktif. Alhasil Anda terus terjaga hingga tengah malam. Lalu efek lanjutan dari kurang tidur yang terus menerus adalah timbulnya kantung mata, kulit di sekitar mata menghitam dan kulit wajah serta tubuh beralih kusam.

Menurut Mariana Figueiro, Associate Professor di Renseselser and Director of the LRC’s Light and Health Program, menyarankan untuk mengurangi kebiasaan memandangi layar gadget sebelum tidur dan kalau perlu nonaktifkan saja, sebab radiasi gadget yang dalam kondisi aktif juga dapat memicu sakit kepala saat Anda terjaga di pagi hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com