Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2014, 10:49 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Merawat rambut seharusnya tak cuma dilakukan di salon. Anda juga bisa merawat rambut sendiri di rumah setiap saat, bahkan saat sedang tidur malam hari.

"Ada beberapa trik yang bisa dilakukan sebelum tidur di malam hari agar rambut Anda tetap indah esok harinya," ungkap Julia Papworth, penata rambut Cameron Diaz dan Emma Roberts. Julia dan Frank Barbosa, penata rambut untuk IT & LY Hairfashion mengungkapkan bahwa rambut juga harus dirawat sama seperti kulit selama tidur.

1. Menambah volume rambut
Setiap pagi masih ribet karena harus mengikalkan rambut agar terlihat lebih bervolume. Untuk menghemat waktu menata rambut, Anda bisa membuat rambut jadi lebih bervolume sejak di malam hari.

"Cuci rambut sebelum tidur, kemudian oleskan produk styling rambut ringan. Biarkan rambut sampai kering, kemudian kepang rambutnya dan tidurlah. Di pagi harinya, lepaskan kepangan dan sisir dengan jari. Atur dengan hairspray dan rambut akan lebih bertekstur," papar Allen Ruiz, penata rambut Stella McCartney dan Marc Jacobs.

2. Gunakan Argan Oil
Untuk mendapatkan rambut selembut sutera, Anda bisa melakukan beberapa perawatan di malam hari. Sara Meddick, penata rambut dari Beverly Hills mengungkapkan bahwa mengoleskan rambut dengan argan oil sebelum tidur (saat rambut basah atau kering) akan membuat rambut Anda halus.

"Oleskan argan oil dan sisirlah rambut Anda. Langkah selanjutnya, bungkus kepala Anda dengan syal dan diamkan semalaman," jelasnya. Ia menyarankan untuk menggunakan syal sutera atau sarung bantal sutera. Kain sutera ini akan mencegah kerusakan rambut, sementara argan oilnya akan menguatkan rambut.

3. Ikat rambut dengan longgar
Senjata utama untuk membantu Anda menata rambut adalah dengan menggunakan hair dryer atau curling iron. Namun, suhu panas ini akan menyebabkan kerusakan dan rambut rontok. Untuk mencegah kerontokan ini Anda bisa membuat jambul atau ikatan rambut sederhana. "Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk, kemudian ikat rambut Anda dengan longgar. Ketika melepasnya di pagi hari, rambut Anda akan mulai bergelombang alami.

Selain itu, Barbosa juga menyarankan untuk tidur dengan posisi rambut terikat. Jika rambut tak terikat, maka akan berpotensi menyebabkan rambut jadi kusut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com