Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2014, 17:45 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Konsumsi gula berlebih bukan hanya membuat badan menjadi gemuk, tetapi lebih dari itu membuat penampilan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Menurut dokter kulit Rashmi Shetty, kelebihan gula akan menyebabkan kulit tampak lebih gelap, bintik pada kulit, serta merangsang kelenjar minyak. "Terlebih jika Anda memiliki kulit sensitif dan berjerawat, kelebihan gula membuatnya lebih buruk lagi," katanya.

Apa saja pengaruh gula pada tubuh dan kecantikan:

Merusak tekstur kulit

Kadar gula darah yang tinggi (diabetes) bisa memicu infeksi kulit. Itu sebabnya orang yang menderita diabetes tipe 2 harus lebih berhati-hati dalam menjaga pola makannya.

Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai adalah penebalan kulit di bagian leher atas atau bagian belakang leher yang merusak tekstur alami kulit. Kondisi lain adalah yang disebut acanthosis atau penggelapan pada bagian ketiak, leher, serta sekitar payudara.

Rentan infeksi

Kadar gula yang tinggi juga membuat kulit rentan mengalami bisul, infeksi jamur, infeksi virus seperti kutil, herpes, dan lain-lain. Gangguan kulit ini juga terjadi jika kekebalan tubuh menurun serta kelebihan berat badan.

"Gula akan menekan aktivitas sel-sel darah putih dan membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu, dan lain-lain. Hal ini juga memperburuk alergi," kata Shetty.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com