Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2014, 14:32 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber idiva

KOMPAS.com — Rambut rontok merupakan musuh nomor satu para wanita. Untuk mencegahnya, memakai produk perawatan rambut saja tidak cukup, Anda juga wajib memperhatikan asupan nutrisi yang berasal dari makanan. Nutrisi yang baik akan menyehatkan rambut sehingga mahkota wanita ini tetap terjaga keindahannya.

Nutrisi berikut sangat penting untuk kesehatan rambut.

Copper (Tembaga)

Mineral ini berfungsi memperkuat batang rambut. Kekurangan tembaga akan menyebabkan rambut patah serta uban timbul lebih cepat. Tingkatkan asupan tembaga dengan mengonsumsi kacang-kacangan, daging merah, unggas, serta sayuran berdaun hijau.

Zinc

Dalam banyak kasus rambut rontok disebabkan oleh kekurangan zinc. Ini merupakan mineral penting dalam pembentukan rambut dan penguatan folikel rambut. Makanan yang mengandung protein hewani, pisang, dan kacang-kacangan adalah sumber zinc yang baik.

Selenium

Suplemen selenium membantu mencegah rambut patah dan bercabang. Manfaat lainnya adalah membantu melawan ketombe. Mineral ini bisa kita dapatkan dari ikan tuna, kakap, udang, dan ikan sarden. Untuk vegetarian, keju cottage, gandum, dan bawang putih bisa menjadi alternatif.

Zat besi

Anemia atau kekurangan zat besi dikenal dapat menyebabkan alopecia atau kebotakan khas pada wanita. Jika Anda mengalami anemia, konsumsi lebih banyak sumber zat besi seperti bayam, tahu, dan kacang kedelai.

Biotin

Juga dikenal sebagai vitamin H, biotin membantu memperkuat rambut dan menjaganya tak mudah patah. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh, kasar dan tipis, serta bisa merusak kesehatan kuku. Anda bisa mendapatkan biotin dari wortel, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Vitamin D

Rambut yang dulu tebal sekarang tampak mulai menipis? Bisa jadi ini karena Anda kekurangan vitamin D. Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini dengan rutin mengonsumsi produk susu, ikan salmon, dan masih banyak lagi. 

Vitamin E

Vitamin lain yang sangat penting untuk pembentukan rambut adalah vitamin E. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran, kacang-kacangan, dan kecambah yang tinggi vitamin E.

Kalsium

Pentingnya kalsium dalam kesehatan rambut  adalah untuk mencegah kerontokan. Sumber kalsium yang mudah kita temui adalah susu, brokoli, dan keju.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com