Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Perawatan Rambut, Beda Kandungan Beda Cara Pemakaian

Kompas.com - 11/02/2014, 18:46 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Untuk membuat rambut tampak lebih indah dan memesona, ada berbagai varian produk rambut yang bisa digunakan. Mulai dari sampo, kondisioner, sampai produk leave-on yang dapat  merawat rambut menjadi lebih memikat. 

Pada peluncuran produk perawatan rambut, HQ 7 Hair Milk, di Gedung Orang Tua Group, Cengkareng, Jumat (7/2/2014) silam. Aaz Yazuar, Celebrity Hair Stylist, mengatakan bahwa sebelum Anda menggunakan produk perawatan rambut, sebaiknya perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Secara umum, produk-produk perawatan rambut terbagi menjadi dua bahan penyusun utama, yaitu oil base dan waterbase.

Apa pentingnya mengetahui bahan dasar pembuatannya? "Tentunya, Anda harus tahu, karena ini akan memengaruhi cara pemakaiannya. Beda bahan dasarnya maka beda pula cara penggunaannya, salah-salah rambut jadi rusak," paparnya.

Produk-produk perawatan rambut yang oil base, merupakan produk yang sebagian besar bahan baku utamanya terbuat dari minyak. Salah satu ciri dari produk ini adalah produk yang memiliki tekstur krim, misalnya kondisioner atau krim rambut lainnya.

Jika menggunakan produk-produk oil base di rambut, maka produk ini harus diaplikasikan hanya di bagian batang rambut ke ujungnya saja. "Produk-produk oil base tidak boleh dipakai sampai ke pangkal rambut. Karena bisa membuat kulit kepala jadi berminyak dan lepek, efek lanjutannya bisa jadi ketombean," jelas Aaz lebih lanjut.  

Sedangkan aneka produk waterbase adalah produk yang memiliki bahan dasar pembuatnya adalah air murni. Kebalikan dengan produk oil base, produk water base ini aman digunakan sampai dari bagian pangkal rambut sampai ujung. "Seperti sifat air, produk water base tidak akan menutup lapisan kulit kepala. Sebaliknya, produk ini "akan hilang" setelah tertiup angin sehingga aman untuk rambut dalam jangka panjang," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com