Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2014, 15:42 WIB
Wardah Fajri

Penulis

Sumber eatingwell
KOMPAS.com - Bagaimana cara Anda mengatur dapur dan berbagai perlengkapannya ternyata berdampak pada program diet. Kondisi dapur menentukan keberhasilan Anda menjalani program pelangsingan atau menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

Para pakar memberi saran bagaimana menjaga tubuh tetap langsing dimulai dari dapur. Berikut di antaranya:

1. Cara menyimpan makanan di lemari es
Riset menunjukkan faktor jarak dan pandangan terhadap makanan memengaruhi kebiasaan makan.

"Apa pun yang Anda lihat pertama kali akan langsung terpikirkan oleh Anda," kata profesor perilaku ekonomi, David Just.

Berangkat dari riset ini, maka pastikan apa yang Anda lihat di dapur adalah asupan yang menyehatkan. Utamanya di dalam lemari es. Simpan makanan sehat seperti sayur buah di bagian yang pertama kali Anda lihat saat membuka pintu kulkas.

2. Sembunyikan makanan manis dan camilan
Atur penyimpanan makanan di dapur yang "ramah diet". Letakkan makanan sehat di tempat yang sangat mudah terlihat. Sementara, simpan makanan manis atau camilan yang bisa meningkatkan berat badan secara drastis di tempat yang sulit dijangkau.

Ini bukan saran tanpa alasan. Sebuah studi dari Cornell University’s Food and Brand Lab membuktikan orang cenderung akan makan cokelat yang terletak dekat dengannya dibanding jika cokelat tersebut berada lebih jauh darinya.

Jadi, segera pindahkan keripik, kue, sereal ke dalam lemari tertutup. Jauhkan diri Anda dari godaan makanan manis dan camilan tak sehat itu.

3. Singkirkan piring berukuran besar
Pilihan perlengkapan rumah tangga seperti piring juga menentukan keberhasilan Anda melangsingkan tubuh.

Studi sosial mengenai es krim oleh pakar nutrisi Brian Wansink dan kolega membuktikan orang cenderung akan makan makanan yang disajikan dalam piring besar. Karenanya gunakan piring atau mangkuk lebih kecil saat menyajikan makanan apa pun, baik makanan pembuka, makanan utama atau penutup. Kalau perlu, sediakan di lemari Anda piring ukuran anak-anak.

4. Pilih sendok saji ukuran kecil
Tak berbeda dengan ukuran piring, ganti ukuran sendok penyajian makanan di dapur. Setiap kali akan menyajikan makanan, gunakan sendok berukuran kecil.

Pada studi sosial es krim, responden cenderung akan makan es krim 15 persen lebih banyak jika disajikan dengan sendok berukuran besar.

5 Sediakan gelas panjang ramping
Ingin tubuh ramping? Hanya sediakan gelas panjang yang bentuknya ramping di dapur. Menggunakan gelas besar akan menyabotase diet Anda. Tak jadi soal jika Anda minum air putih. Bagaimana jika Anda ingin mengonsumsi minuman manis atau soda, tapi hanya tersedia gelas berukuran besar di dapur. Program diet Anda bisa gagal karenanya.

6. Ciptakan kenyamanan di dapur
Studi terbaru yang terbit di Psychological Reports menunjukkan suasana nyaman di dapur menimbulkan efek kepuasan dan mengurangi konsumsi hingga 18 persen atau sekitar 175 kalori.

Caranya, pasang lampu dengan cahaya lembut di dapur atau ruang makan. Kalau perlu sediakan perangkat musik di dapur atau ruang makan. Ciptakan kenyamanan yang membuat Anda merasa rileks, dan semua kecemasan bahkan stres bisa pergi. Anda pun akan duduk tenang dan nyaman di meja makan, menikmati makanan tanpa merusak program pelangsingan tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com