Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2014, 17:31 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com -- Pengalaman bekerja memang menjadi nilai tambah bagi karyawan baru. Meski begitu, kalau Anda mendapatkan kepercayaan menduduki satu posisi di perusahaan walau tak punya pengalaman, Anda tetap bisa berkontribusi dan berprestasi.

Agar sukses menjalani pekerjaan baru, apa pun industrinya, mantan model dan pengusaha bisnis mode, Kimora Lee Simmons berbagi kiat dalam bukunya Fabulosity.

Berwawasan luas
Pasang "radar" yang kuat sehingga Anda tak pernah ketinggalan informasi atau berita, terutama yang terkait dengan pekerjaan atau bidang yang Anda geluti. Jadilah karyawan yang selalu punya informasi tepat, bukan mengada-ada sekadar cari muka atasan tentunya, untuk disampaikan kepada atasan atau partner kerja. Karenanya, memiliki wawasan luas menjadi bekal utamanya.

Menjadi penghubung
Jejaring yang Anda miliki perlu dimaksimalkan untuk membantu kesuksesan bekerja. Jagalah jejaring yang sudah Anda miliki dan bangun jejaring baru. Bergaul dengan sebanyak mungkin orang, terutama dari industri yang Anda bidangi. Jalin pertemanan dan hubungkan kebutuhan satu dengan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa membangun reputasi. Semakin banyak kalangan yang Anda kenal, semakin mudah Anda mencari informasi mengenai sesuatu yang terkait dengan keahlian orang-orang tersebut.

Jangan mudah mengeluh
Simpan keluhan pribadi untuk diri sendiri. Jangan menunjukkan masalah pribadi di kantor. Jadilah pekerja yang positif dan berkomunikasilah lebih efektif.

Simpan semua keluhan untuk teman-teman di lingkungan sosial Anda, bukan rekan kerja di kantor, apalagi atasan. Lakukan ini pada tahap awal masa kerja Anda. Begitu hubungan baik sudah terbangun di kantor baru tersebut, barulah Anda boleh sedikit membagi masalah pribadi.

Bersikap baik ke resepsionis dan office boy
Perlakukan semua karyawan di perusahaan baru tempat Anda bekerja dengan baik. Bagaimanapun, perilaku Anda bisa terlihat dari cara Anda menghadapi mereka setiap harinya. Jangan sepelekan peran resepsionis. Mereka memiliki pekerjaan dan peran penting. Mereka bahkan bisa membantu pekerjaan Anda. Jadi, bersikaplah profesional dan baik kepada mereka.

Jangan merasa penting
Bersikap merasa paling penting bisa menjadi bumerang untuk diri Anda. Bagi karyawan yang baru memulai karier, bersikaplah lebih merendah, bekerja sama dengan tim dengan sikap saling membutuhkan, bukan merasa dibutuhkan.

"Saya akan mempromosikan orang yang mendukung timnya untuk maju, bukan orang yang berpikir dirinya adalah raja atau ratu," kata Kimora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com