Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sulung Perempuan Miliki Peluang Besar untuk Raih Sukses

Kompas.com - 04/05/2014, 12:49 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber dailymail

Secara statistik, anak sulung perempuan dinilai lebih berkualitas dibandingkan anggota keluarga lainnya, dan juga dinyatakan 13 persen lebih ambisius dalam mengejar sukses dibandingkan putra sulung. 

Lihat saja JK Rowling, Hillary Clinton, Oprah Winfrey, dan Beyonce. Mereka semua adalah anak sulung dalam keluarga masing-masing. "Ada beberapa alasan untuk menjelaskan soal daya pencapaian dan ambisi tinggi yang dimiliki oleh putri sulung," kata Feifei Bu, kepala penelitian.

Alasan-alasan yang dimaksud oleh Feifei adalah karena orangtua lebih banyak mencurahkan perhatian, waktu, dan energi mereka kepada putri sulung. Selain itu, menurut penelitian, anak sulung perempuan pada dasarnya memang terlahir dengan tingkat kecerdasan yang lebih mumpuni.

Penelitian turut membuktikan bahwa putri sulung memiliki peluang sebesar 16 persen untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak dibanding adik-adik mereka. "Namun, buat saya, hal ini disebabkan karena orangtua cenderung lebih berinvestasi untuk anak pertama,” ujarnya.

Menurut laporan dari Sibling Configuration, Educational Aspiration and Attainment, sebanyak tujuh persen putri sulung ditemukan memiliki semangat yang berkobar untuk meraih cita-cita. Ambisi mereka begitu besar untuk mengenyam pendidikan tinggi dibanding para adik.

Lebih lanjut, penelitian turut mengamati mengenai "penularan" semangat dan ambisi putri sulung pada adik-adik mereka? Ternyata, hasil akhir menunjukkan bahwa tidak berpengaruh sama sekali.

Inspirasi anak sulung perempuan untuk menjadi yang terbaik datang dari perbedaan usia dengan sang adik. Diketahui bahwa perbedaan usia minimal empat tahun dengan adiknya bisa membangkitkan antusiasme si sulung untuk menjadi yang terbaik.

"Semakin besar perbedaan usia anak, semakin baik kualitas pendidikan mereka, dan kemungkinan untuk sukses juga semakin tinggi," kata Feifei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com