Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2014, 10:17 WIB
KOMPAS.com - Kesehatan mental anak menjadi salah satu faktor penting untuk mencetak anak unggul. Ada empat kriteria fungsi yang biasanya dirujuk untuk melihat anak sehat mental atau tidak, antara lain:

1. Fungsi intelektual
Kemampuan anak menggunakan seluruh kapasitas intelektualnya. Pada kriteria ini si kecil harus tahu di mana ia berada, waktunya kapan, dan nyambung bila diajak ngomong (bila sudah bisa berkomunkasi), serta mampu berpikir sesuai tahap usianya dan mampu menggunakan imajinasi.

2. Fungsi sosial
Kemampuan menyeimbangkan antara dependensi dengan orang lain dan otonomi. Si kecil yang terlalu tergantung pada orang lain amat tak bagus, tapi yang terlalu mandiri (self oriented) sampai tak butuh bantuan orang lain, juga tak baik.

Fungsi ini berkaitan pula dengan rasa aman dan nyaman yang dimiliki ketika berelasi dengan orang lain, termasuk juga kemampuan untuk berbagi pada orang lain dan berempati.

3. Fungsi emosional
Kemampuan menguasai rasa cemas dan mengatasi frustrasi yang dialami. Antara lain, bisa menghadapi emosi yang membuat dirinya mengalami konflik. Misal, ia dihadapi masalah ingin main bersama teman-teman, tapi ibunya melarang karena ia harus tidur siang. Nah, anak yang sehat mental mampu mengatasi konflik emosi yang dialaminya ini bukan malah langsung mengamuk.

4. Fungsi personal dan adaptasi
Mencakup kemampuan memiliki konsep diri positif dan bersikap fleksibel. Anak yang kaku, seperti pokoknya apa-apa harus begini, menaruh barang A harus di tempat A, jelas bukan anak sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com