Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2014, 10:46 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya orang dewasa yang bisa bergaya dengan tas punggung untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. Anak-anak juga punya selera dan pilihan tas punggung untuk anak pun kian beragam. Bagaimana orangtua sebaiknya memilih tas punggung yang tepat untuk anak?

Model tas punggung yang menarik perhatian atau menjadi tren belakangan sebaiknya bukan menjadi pertimbangan utama. Dalam memilih tas punggung anak perhatikan faktor keamanan dan postur tubuh.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli tas punggung anak, dan sebaiknya ajak anak saat akan membelinya. Berikut panduannya:

 
* Dua tali yang nyaman
Pastikan tas punggung anak memiliki dua tali penyangga yang nyaman untuk punggungnya, leher, dan pundaknya.

* Bahan yang memantulkan
Kalau anak Anda berjalan kaki menuju sekolah, atau ada kemungkinan pulang jelang malam, sebaiknya pilih tas punggung mengandung bahan yang memantulkan. Ini bisa menjadi tanda pengenal si kecil.

* Pas di badan
Cobalah tas punggung pada tubuh anak sebelum membelinya. Bagian terbawah tas harus menyentuh punggung bawah, namun sebaiknya tak lebih dari 10 cm di bawah pinggang. Sementara titik temu antara tas dengan talinya di bagian atas tubuh sebaiknya berjarak 3-5 cm di bawah pundak.

* Tak kelebihan bobot
Pilih tas yang tepat untuk menampung berbagai kebutuhan anak dalam beraktivitas namun jangan sampai kelebihan bobot. Ada beberapa rekomendasi di Amerika mengenai hal ini. American Academy of Orthopaedic Surgeons merekomendasikan bobot tas punggung anak sebaiknya tidak melebihi 15-20 persen dari berat badan anak. Sementara American Academy of Pediatrics merekomendasikan tak lebih dari 10 persen berat badan anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com