Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaiknya, Jangan Terlalu Setia pada Satu Merek Sampo

Kompas.com - 23/05/2014, 16:40 WIB
Kontributor Female, Melissa Hendrasari

Penulis

Sumber Oprah

KOMPAS.com — Apabila sering mendapati kulit kepala gatal, rambut berketombe atau rontok, jangan langsung menyalahkan jenis sampo yang Anda gunakan. Bisa jadi cara keramas Anda salah.

Mencuci rambut adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh perempuan sehingga acap kali tidak menyadari telah melakukan kesalahan saat mencuci rambut. Studi menunjukkan bahwa tidak semua orang mengetahui bagaimana keramas dengan benar. Padahal, membersihkan rambut sangatlah penting bagi kesehatan kulit kepala.

Berikut ini 5 kesalahan yang kerap terjadi pada saat keramas:

Menggunakan sampo yang sama selama tujuh hari berturut-turut
Menurut Mario Russo, penata rambut, keramas tidak perlu sehari sampai dua kali, tetapi cukup satu kali saja. Selain itu, ternyata menggunakan merek sampo yang sama setiap hari dalam seminggu bisa menyebabkan penumpukan bahan-bahan kimia, seperti silikon.

Namun, lain lagi yang disarankan oleh Mort Westman, ahli kosmetik. Sebaiknya kita mengganti sampo beberapa bulan sekali dengan merek yang lain, dengan kandungan formula sesuai kebutuhan jenis rambut Anda. Hal yang sama disarankan Kimberly Kimble.

“Sebaiknya, satu bulan sekali ganti merek sampo Anda,” ujar Kimberly Kimble, penata rambut.

Tidak benar-benar membasahi rambut sebelum menggunakan sampo
Saat merasa sampo yang kita gunakan kurang berbusa, biasanya kita terus menambahkannya. Padahal, yang benar adalah menambahkan air, bukan cairan sampo. Maka dari itu, sebelum keramas, pastikan Anda membasahi rambut dengan air secukupnya secara menyeluruh dan merata.

Selalu mengaplikasikan sampo di bagian kepala yang sama   
Tahukah Anda bahwa kulit kepala yang selalu pertama terkena sampo bisa menyebabkan kulit kering atau bersisik. “Cobalah ganti kebiasaan Anda dalam menuang sampo di pangkal leher, dan setelah mulai berbusa, barulah naik ke bagian atas kepala Anda,” ujar Mario.

Menggosok kepala terlalu kasar
Saat sedang meratakan sampo di seluruh kepala, jangan dengan cara menggosok, tetapi memijat. Sebab, daya gosok tangan yang terlalu kuat, apalagi menggunakan kuku atau telapak tangan, bisa membuat rambut mudah patah dan rontok.

Menggunakan air panas pada saat keramas
Keramas menggunakan air panas dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Sebaiknya, gunakan air hangat atau suam-suam kuku untuk membilas rambut dan kepala Anda. Kemudian, akhiri dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit kepala. Manfaat lain keramas dengan air hangat adalah dapat mempertahankan warna rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com