Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak Batita?

Kompas.com - 18/06/2014, 11:41 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Pertimbangan untuk memasukkan anak batita ke sekolah bisa didasari beberapa alasan. Selain ingin mengembangkan keterampilan dalam diri anak, termasuk belajar bersosialisasi, sekolah juga menjadi pilihan orangtua karena khawatir anak tak bisa mengembangkan potensi dirinya jika hanya di rumah bersama pengasuhnya.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, sebenarnya berapa usia yang tepat untuk anak mulai sekolah? Apa yang harus menjadi pertimbangan lain dalam memilih sekolah di usia dini?

Pendiri Resourceful Parenting Indonesia, Dr Andyda Meliala, mengatakan sejak usia dua anak perlu belajar bersosialisasi. Jadi sejak usia ini sebenarnya bisa saja anak mulai sekolah namun fokusnya lebih kepada belajar sambil bermain.

"Nomor satu anak harus happy. Otak anak hanya akan bisa menerima pelajaran kalau anak senang. Kalau anak tidak senang ada gerbang yang tertutup sehingga apa pun yang diberikan kepada anak tidak akan masuk optimal," katanya di Jakarta.

Selain faktor usia dan memilih sekolah yang disenangi anak, Andyda juga mengatakan orangtua perlu memikirkan apa yang menjadi tujuan akhir menyekolahkan anak.

"Belum banyak orangtua yang memikirkan goal," tutur Andyda.

Dengan memahami apa yang menjadi tujuan akhirnya, orangtua akan lebih mudah memilih sekolah dan apa yang dikembangkan sekolah tersebut untuk siswanya. Orangtua juga lebih mudah menyesuaikan apa yang dimiliki sekolah dengan harapannya dan anak-anak tentunya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com