Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2014, 17:13 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Di era digital saat aktivitas harian tak lepas dari pesan instan dan berbagai aktivitas online lainnya yang serba cepat, pikiran pun tak berhentinya bekerja. Meski begitu, saat waktunya tidur tiba, segera tenangkan pikiran dan jangan melakukan tiga hal ini.

1. Melihat notifikasi media sosial
Beberapa jam sebelum tidur Anda mungkin posting status atau foto di media sosial. Kalau waktunya tidur tiba, jangan pernah memikirkan apalagi terpancing melihat notifikasi di media sosial, lantaran penasaran komentar teman-teman Anda terhadap postingan tersebut.

Kalau Anda membuka kembali gadget sebelum tidur, Anda menatap layar yang menyala di kamar redup cahaya. Penelitian menunjukkan menatap layar yang bersinar di ruangan gelap menganggu kualitas tidur Anda. Jadi, tinggalkan gadget Anda sampai keesokan hari bangun pagi dengan tidur lebih berkualitas.

2. Membawa tidur emosi
Kalau sebelum tidur Anda sempat beradu-argumen dengan pasangan atau teman, siapa pun, segera redakan emosi begitu waktu tidur tiba. Jangan pernah membawa emosi saat tidur. Peneliti dari University of Massachusetts Amherst, menemukan emosi negatif bisa terpelihara dalam tidur Anda, bahkan bisa meningkat apalagi jika sebelum tidur ada stimulannya. Jadi pastikan semua hal yang memancing emosi sudah mereda sebelum tidur.

3. Terobsesi menyelesaikan daftar tugas
Anda tentu punya daftar tugas harian yang perlu diselesaikan. Kalau sampai ujung hari tugas tersebut belum semuanya beres, tak perlu mengingat kembali jelang waktu tidur Anda. Tinggalkan catatan tugas Anda, dan berilah kesempatan kepada tubuh untuk istirahat di malam hari dengan tenang tanpa memikirkan tugas yang tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com