Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba 5 Kegiatan Kreatif Ini, meski Gagal Dampaknya Tetap Positif

Kompas.com - 01/07/2014, 11:39 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com — Kapan terakhir Anda melakukan kegiatan kreatif? Anda tak perlu menjadi seniman atau punya bakat seni tinggi untuk melakukan kegiatan kreatif. Lakukan hal kreatif yang sederhana, maka Anda akan mendapatkan ketenangan pikiran dan bebas stres.

Salah satu kegiatan kreatif ini bisa jadi pilihannya. Bahkan ketika Anda merasa gagal melakukan kreativitas ini, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat darinya.

1. Menyanyi lepas di tempat karaoke
Kalau menerima ajakan dari teman untuk berkaraoke, jangan sia-siakan kesempatan ini. Menyanyi dapat melepas hormon endorfin dan membuat Anda merasa lebih baik, perasaan serupa juga muncul setelah berolahraga. Menyanyi juga terbukti secara ilmiah melepas kecemasan, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Jadi tak usah sungkan apalagi khawatir menyanyi di tempat karaoke karena merasa tak punya suara merdu. Begitu Anda menyanyi, perasaan positif muncul setelahnya, tak peduli seberapa baik atau buruknya suara Anda.

2. Membuat kerajinan tangan
Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik rumah atau menambah koleksi benda kreatif di rumah. Salah satunya adalah menciptakan kerajinan tangan buatan sendiri. Apa pun bentuknya, coba lakukan aktivitas kreatif ini kalau ingin mengurangi stres, meningkatkan rasa senang, dan mengasah otak supaya tak cepat menua. Meskipun gagal membuat kerajinan tangan, asalkan sudah mencoba, Anda tetap mendapatkan manfaat positif darinya.

3. Melukis
Pablo Picasso menyebut melukis sebagai cara lain menulis buku harian. Inti kegiatan kreatif ini adalah mengekspresikan diri melalui warna. Ketika Anda melukis maka yang terjadi adalah Anda tengah memberi manfaat positif kepada fisik dan mental. Melukis membantu mengembangkan konsep diri. Untuk anak-anak, melukis bisa membantu mengembangkan keterampilan motorik dan meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir kreatif dan mewujudkannya menjadi hal konkret. Coba saja melukis, jangan pedulikan hasilnya, apalagi khawatir bakal gagal.

4. Merajut
Kegiatan merajut memiliki dampak serupa dengan meditasi. Otak Anda berada dalam suatu kondisi yang sama saat Anda melakukan dua kegiatan ini. Cara kreatif ini membantu Anda melepas stres dan membuat Anda lebih rileks. Belum lagi rasa senang yang muncul setelahnya karena begitu selesai merajut Anda memiliki satu koleksi rajutan baru. Kalaupun gagal, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat layaknya bermeditasi.

5. Menulis jurnal harian
Siapkan pena dan buku, atau gunakan gadget Anda, untuk menuliskan pengalaman pribadi, perasaan Anda. Tak perlu merasa tak mampu apalagi merasa Anda tak bisa menulis. Tuliskan saja apa adanya. Cara paling sederhana ini membantu Anda mengatasi emosi yang berkecamuk, membantu lebih cepat tidur, dan memperbaiki level stres. Kalau bingung ingin menulis apa, tuliskan saja apa saja yang membuat Anda bersyukur. Cara ini membantu Anda menjadi pribadi lebih optimistis. Jadi, tunggu apa lagi? Kalaupun gagal menulis satu rangkaian cerita, setidaknya mengungkapkan isi pikiran meski sedikit saja bisa membuat pikiran lebih lega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com