Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2014, 11:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com - Lemak di perut, lengan, pinggul, dan bokong, mungkin bisa diakali dengan pemilihan busana yang tepat.  Namun bagaimana jika lemak berlebih tersebut ada di bagian dagu?  

Kondisi dagu berlipat atau dagu ganda, selain disebabkan oleh karena berat badan berlebih, bisa juga akibat dampak dari proses penuaan pada kulit. Tak heran jika banyak perempuan yang mengalami masalah dagu ganda seperti ini. Apabila Anda tidak percaya diri dengan kelebihan lemak di leher, coba atas  saja dengan tiga cara unik dan mudah berikut ini:

1. Olahraga dagu
Cobalah membakar lemak di bagian dagu dengan berolahraga. Caranya, bukalah mulut Anda selebar dan sebesar mungkin. Kemudian, julurkan lidah keluar dan mulailah menggerakkan lidah membentuk gerakan melingkar. Lakukan latihan ini selama 60 detik, setiap 1,5 jam sekali.

2. Rapatkan gigi
Rapatkan gigi bagian atas dan bawah, seperti ekspresi saat sedang marah. Beri sedikit tekanan sehingga bagian leher terasa sedikit menegang. Lakukan selama 10 detik. Ingat, selama melakukan latihan ini, pastikan untuk tetap tersenyum lebar. Tujuannya, untuk memaksimalkan kerja otot.

3. Menguap
Tanpa Anda sadari, menguap sebenarnya bisa membantu mengecilkan lemak di leher. Saat menguap, otot-otot leher, dagu dan mulut akan tertarik dan menegang, sehingga lemak pun terbakar. Gerakan menguap sebenarnya persis seperti gerakan peregangan untuk muka, yang berfungsi melatih otot.  Maka dari itu, saat sedang lelah atau mengantuk, jangan ragu untuk menguap. Bila perlu rutinlah menggerakan bibir dan wajah Anda seperti sedang menguap, supaya dagu ganda yang mengganggu lambat laun mereda dan hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com