Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Mengatasi Masalah Kulit Wajah di Area "Phone Zone"

Kompas.com - 26/12/2013, 14:25 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber GALTime

KOMPAS.com - Senang rasanya menerima telepon dari teman atau pacar dalam waktu yang lama. Tetapi setelahnya, coba perhatikan dengan seksama, apakah ada kerutan-kerutan kecil di area wajah yang sering digunakan untuk menerima telepon? Karena banyak orang terbiasa menerima telepon di satu area wajah yang itu-itu saja.

"Manusia sekarang ini tidak bisa hidup tanpa ponsel. Mulai dari memeriksa email, media sosial, mengirim pesan, atau menerima telepon. Faktanya, ini semua bisa memberi masalah untuk kulit," ungkap dr Paul jarrod Frank, Direktur The Fifth Avenue Dermatology Surgery and Laser Center di New York.

Lebih lanjut, Paul menambahkan bahwa kebiasaan menerima panggilan ponsel di satu area saja akan menyebabkan timbulnya jerawat, flek hitam, dan penuaan dini pada sekitar zona telepon (area kulit dari telinga ke dagu). Bagaimana cara menghilangkannya?

1. Eksfoliasi
Zona telepon ini sangat rentan terhadap jerawat. Hal ini disebabkan karena telepon akan memindahkan dan menyebarkan kuman ke kulit wajah.

"Untuk mengurangi jerawat, Anda harus melakukan eksfoliasi kulit dan menyeimbangkan kondisi wajah yang berminyak. Selain itu pastikan juga untuk membersihkan layar ponsel dan menjaga wajah tetap segar," katanya.

2.  Jangan terlalu rendah saat memegang ponsel
"Memegang ponsel terlalu rendah dan terus-menerus melihat ke bawah bisa menyebabkan kolagen di leher jadi mudah terurai, kebiasaan ini menyebabkan leher berlipat dan dagu ganda," paparnya.

Yang harus dilakukan adalah, cobalah untuk memegang ponsel agak mendatar mendekati level tinggi mata. Selain itu, rajin-rajinlah  menggunakan produk perawatan kulit berkolagen untuk merawat kulit.

3. Gunakan earphone
Anda tentu tahu kan kalau setelah menelpon terlalu lama dengan ponsel, maka ponsel pun akan memanas? Masih menurut Paul, ternyata panas yang terpancar ini memiliki efek merusak kulit yang sama dengan radiasi matahari, ini akan menyebaban timbulnya bintik-bintik gelap pada wajah, khususnya sepanjang zona telepon.  Penggunaan earphone dan juga krim wajah akan membantu Anda untuk menghilangkan bintik-bintik ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com