Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaiknya, Lipstik dan Parfum Disimpan dalam Lemari Es

Kompas.com - 19/11/2014, 16:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Menyimpan sayuran, daging, dan buah-buahan di lemari es bukanlah sesuatu yang janggal. Selain itu, ada beberapa jenis obat-obatan yang cara penyimpanannya mesti di ruang bersuhu dingin. Namun, siapa sangka produk kosmetika Anda juga bisa di simpan dalam kulkas?


"Ada beberapa alasan bagus mengapa produk kosmetika harus disimpan di lemari es. Suhunya stabil, sehingga produk tidak terpapar suhu panas atau dingin yang ekstrim. Jika demikian, akan berdampak pada formulasi dan konsistensi produk," kata Dendy Engelman MD, seorang dokter kulit yang berdomisili di New York, Amerika Serikat.

Nah, produk kosmetika apa saja sih yang sebaiknya disimpan di lemari es?

1. Parfum
Menyimpan parfum dalam kulkas dapat membuat  usia aktivasi formula yang terkandung di dalamnya lebih lama. "Menyimpan parfum di lemari es dapat melindungi oksidasi karena suhu panas atau paparan sinar matahari," ujar dr Engelman.

2. Lipstik dan pelembab bibir

Umumnya lipstik atau pelembab bibir (lipbalm) yang sering terpapar udara panas bisa membuatnya meleleh. Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menyimpannya dalam kulkas beberapa jam.  

"Jika lipstik dan lipbalm disimpan dalam lemari es, bentuknya akan tetap," kata Tessa McCullough, penata rias dari G20 Spa + Salon di Boston.

3. Eyeliner
McCullough menyarankan, agar Anda meletakkan pensil eyeliner dalam suhu yang sejuk selama 10 menit sebelum ditajamkan. Gunanya untuk memperoleh hasil yang prima saat diaplikasikan di mata. Lalu, jika Anda sedang terburu-buru, letakkan eyeliner di dalam freezer, sebab eyeliner akan dingin lebih cepat.

4. Kosmetik berbahan aktif
"Melindungi kemurnian dan keefektifan bahan aktif dalam sebuah produk setelah dibuka sangatlah penting," sebut dr Engelman. Produk kosmetika dengan bahan aktif, misalnya retinol, vitamin C, peptida, dan hidroquinone harus disimpan di suhu yang sejuk.

5. Krim mata
Menurut dr Engelman, krim mata memang sebaiknya disimpan di dalam lemari es. "Penggunaan terapi dingin pada mata yang bengkak atau kantung mata sangat efektif, karena suhu yang dingin akan mengerutkan pembuluh darah, sehingga mengurangi aliran darah ke otot halus," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com