Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber
KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperhatikan area kewanitaan dan ternyata kulit pada area tersebut berkerut atau keriput? Jangan terkejut, sebab, hampir seluruh wanita pun mengalami hal yang sama. Kenyataannya, sedikit sekali wanita yang tidak memiliki kerutan di area kewanitaan. Sebenarnya apa penyebab kerutan pada Vagina?  

"Kerutan adalah tanda elastisitas. Kita semua menginginkan vagina yang dapat merenggang dan mengencang secara alamiah. Sebab, kedua kondisi ini berpengaruh  pada sesi bercinta dengan suami. Jika Anda akan melahirkan pun, fleksibilitas vagina akan memudahkan proses persalinan," ujar Mary Jane Minkin MD, profesor obstetri ginekologi di Yale University School of Medicine, Amerika Serikat.

Sama halnya dengan kerutan pada wajah, kerutan pada area kewanitaan pun dapat dipicu beberapa penyebab, seperti gaya hidup, usia, dan keturunan. Namun, jangan perlakukan kerutan pada area kewanitaan sama dengan kerutan pada wajah. Jangan aplikasikan retinoid, sebab akan membuat kulit pada area tersebut menjadi kering dan iritasi.

"Area vulva memang seharusnya berkeriput. Keriput ini normal dan Anda jangan mengubahnya menjadi tidak berkeriput dengan bantuan krim, losion, atau produk apapun," sebut Lynette J Margesson MD, asisten profesor obstetri ginekologi di Geisel School of Medicine, Darthmouth College, Amerika Serikat.

Menurut Minkin, ada beberapa wanita yang memiliki area kewanitaan dengan sedikit keriput seiring bertambahnya usia. Ketika memasuki periode menopause, ujar dia, kadar hormon estrogen dalam tubuh akan menurun dan area kewanitaan kehilangan kerutannya karena otot menjadi rata dan kering.

Jika Anda merasa terganggu dengan kerutan di area kewanitaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguranginya dan membuat kulit di area tersebut menjadi lebih kencang. Anda bisa menjalani operasi, namun biayanya sangat mahal. Selain itu, operasi ini pun dapat memicu masalah serius, seperti cidera pada kulit dan menimbulkan  ketidaknyamanan saat bercinta.

Sebaliknya, Minkin dan Margesson menyarankan, Anda berlatih kegel untuk mengencangkan kulit area kewanitaan secara alami. Lakukan dua set 10 kontraksi, tahan selama lima detik, dan lakukan satu set 30 kali squeeze selama 1 detik.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com