Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membangun Lemari Kapsul untuk Busana Wanita

Kompas.com - 14/05/2016, 17:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Kompas.com -- Apakah Anda sudah mendengar mengenai tren terbaru di dunia maya? Capsule wardrobe atau lemari kapsul membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih cepat di pagi hari dengan meminimalisir pilihan menjadi 30 hingga 40 lembar pakaian berkualitas yang paling Anda sukai.

Dengan men-kurasi isi lemari Anda, dapat dipastikan bahwa setiap harinya Anda akan memakai pakaian yang paling sesuai dengan diri Anda.

Lalu, bagaimana cara kita memilih 30 hingga 40 pakaian ini? Ternyata, membangun capsule wardrobe tidaklah sulit.

Suzie Faux, pencipta istilah ini, menjelaskan bahwa lemari kapsul sangatlah personal.

Caroline Rector dari Unfancy telah mencoba diet lemari ini mengurangi pakaiannya hingga 37 lembar untuk 3 bulan. Dia menyarankan untuk mengeluarkan semua pakaian Anda sebelum mulai men-kurasi lemari Anda.

Kapan terakhir kali Anda memakai pakaian itu? Bila lebih dari 6 bulan, pakaian tersebut akan langsung berangkat ke tumpukan penyimpanan. Begitu juga untuk T-shirt yang Anda tidak terlalu suka atau celana jeans yang sudah agak sempit.

Kriteria berikutnya adalah kepraktisan dan fleksibilitas. Rector merekomendasikan warna-warna netral yang mudah dipadu-padankan.

Yang terakhir untuk Anda ketahui bahwa lemari kapsul tidak mencakup baju olahraga, perhiasan, aksesoris, piyama dan pakaian dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com