Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2016, 18:37 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Jadwal sekolah kini semakin padat. Anak-anak bersekolah dari pagi hingga siang atau sore hari. Terkadang hal ini membuat mereka bosan dan malas untuk sekolah. Dalam situasi seperti ini, peran orangtua sangat dibutuhkan. Sebab, jika bukan Anda yang memberikan semangat, siapa lagi?

Berikut yang dapat Anda lakukan agar membuat sang anak tetap bersemangat untuk sekolah:

Biarkan mereka bermain

Ketika bel berbunyi, anak-anak merasa senang. Sebab, ini waktunya mereka pulang ke rumah. Setelah anak Anda berada di dalam lingkungan sekolah seharian, beri waktu agar dia bermain dan merasakan udara segar. Dengan begitu, dia tidak akan merasa tertinggal dari teman-temannya selama jam sekolah.

Temukan semangat setiap hari

Terus berikan semangat pada anak Anda, agar dia dapat antusias selalu di hari-harinya. Anda dapat melakukannya melalui cara seperti datang ke sekolah, atau kejutan dalam bekal yang mereka bawa. Kemudian, pastikan mereka memiliki tujuan setiap kali mereka pergi ke sekolah.

Jaga makanan yang dikonsumsi anak

Walaupun Anda tidak tega ketika melihat anak Anda merengek untuk membeli es krim pada malam hari, Anda tidak harus selalu mengikuti kemauannya. Hindari terlalu sering konsumsi junk food. Pastikan anak Anda menkonsumsi buah, sayur, dan tidak tidur larut malam, agar memiliki energi yang cukup untuk hari-hari di sekolah.

Berikan pujian jika melakukan pekerjaan dengan baik

Ketika anak Anda sudah melakukan hal yang baik, jaga antusiasnya. Berikan pujian jika anak Anda melakukannya dengan baik, misalnya, ketika ia mendapatkan nilai yang baik, berikan pujian yang positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com