Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Memakai Lipstik Di Bawah Matahari

Kompas.com - 04/06/2016, 17:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Tinggal di negara tropis seperti Indonesia berarti cuaca yang cerah dan hangat sepanjang musim. Namun, cuaca yang terlalu hangat bisa menyebabkan tata rias meleleh, terutama lipstik yang berbahan dasar lilin. Tata rias yang terhapus adalah skenario terbaik, bagaimana jika malah belepotan?

Jenn Streicher, penata rias Laura Mercier dan pemilik salon Striiike di Los Angeles, membagikan 5 kesalahan umum saat memakai lipstik di bawah matahari yang terik.

Tidak mengeksfoliasi bibir sesering wajah

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan wanita di dunia. Selain karena kesibukan yang menuntut, banyak wanita yang lebih memilih untuk melakukan kegiatan lain daripada mengeksfoliasi bibir secara reguler. Namun, Streicher berkata bahwa melakukan eksfoliasi sangat penting untuk pengguna lipstik terang. Dia berkata, jika tidak ada waktu, “gunakan sikat gigi untuk mengeksfoliasi secara cepat.”

Menggunakan lipstik yang memiliki terlalu banyak sinar

Streicher menyarankan Anda untuk memilih lipstik ber-tekstur matte saat cuaca panas untuk menyeimbangkan sinar di wajah. “Ketika panas, dan Anda sedang berada di luar dan berkeringat, Anda tidak mau seluruh wajah Anda menjadi super glossy,” ujarnya.

Terlalu banyak lapisan

Mengenai lipstik matte, Streicher mempunyai satu peringatan, “jika Anda ingin memakai ulang, hapus yang tersisa dengan tissue dan mulai lagi dari awal.” Sebab, lipstik matte mempunyai tendensi untuk menggumpal ketika terlalu banyak dilapis

Memilih merah yang salah

Menurut Streicher, Anda sebaiknya tidak menggunakan satu warna yang sama sepanjang tahun. Dia berkata, “merah muda yang terang, oranye dan coral terlihat luar biasa di cuaca panas, sementara warna berry lebih cocok digunakan saat cuaca dingin.”

Terlalu menor

Banyak wanita yang tidak sengaja melakukan kesalahan ini. Streicher menyarankan Anda untuk menghindari kombinasi lipstik berani, riasan mata yang berani juga dan contouring  yang berlebihan. “Lipstik dengan warna berani sangat cocok bila dipasangkan dengan kulit yang bersinar dan maskara saja,” pungkasnya. Bila gaya ini terlalu minimalis untuk Anda, Streicher merekomendasikan perona pipi yang lembut daripada eyeliner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com