Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Satu-satunya Merek Tas yang Bisa Jadi Investasi

Kompas.com - 10/06/2016, 04:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Tahun lalu, banyak wanita yang berteriak kegirangan saat membaca bahwa tas Hermes kesayangan mereka adalah investasi yang lebih baik dari emas. Bahkan, setiap tahunnya, tas Hermes memiliki kenaikan nilai pengembalian sekitar 14,2 persen.

Untuk mengonfirmasi hal ini, Kompas.com menemui Justine Widjojo, Chief Operating Officer, dan Mario Bachtiar, Creative Director, dari Hunt Street, sebuah reseller barang mewah ternama di Indonesia di kantor mereka, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Menurut mereka, tas terbaik yang bisa mempertahankan nilainya saat dijual kembali adalah Birkin dan Kelly dari Hermes, terutama Birkin yang seri Himalaya. Mereka menyebutnya sebagai "tas paling bergengsi".

Pada saat Kompas.com menemui Hunt Street, mereka sedang menjual Hermes Birkin dengan seri Himalaya tersebut dan menghargainya dengan nilai Rp 950 juta. "Seminggu lalu yang ada di pelelangan Hongkong adalah versi berlian. Milik kita bukan versi berlian, tetapi masih tetap sangat berharga dan sangat langka," ujar Mario.

Untuk model lain, Mario merekomendasikan tas Chanel klasik dengan model flap atau Boy.

Namun, Justine juga menambahkan, "Tetapi, kalau yang nilainya naik selalu Hermes Birkin atau Kelly. Kalau Chanel, dia akan mempertahankan harganya atau naik sedikit. Namun, tas itu tidak akan naik secara signifikan."

"Chanel dan Hermes memang harganya selalu naik setiap tahun. Tidak ada keraguan mengenai hal tersebut. Jadi, misalnya kalau Anda membeli tas Chanel tahun lalu, harga saat itu akan lebih murah beberapa ratus dollar AS daripada saat Anda membeli tahun ini."

"Jadi, kita bisa menilai harga tersebut walaupun seri tahun lalu pastinya akan lebih murah. Jadi, tidak ada yang namanya benar-benar rugi bagi Anda dalam membeli tas tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com