Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2013, 12:17 WIB

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan Korea menjadi kiblat kecantikan dunia, seiring dengan kepopuleran K-Pop dan drama Korea yang banyak menonjolkan kecantikan natural ala perempuan Korea.  Para perempuan Indonesia pun terobsesi untuk memiliki kulit putih mulus dan mengaplikasikan riasan wajah natural seolah tanpa polesan make-up apa pun, menjadikan Korea kiblat kencantikan baru menggusur gaya barat.

Untuk memiliki kulit putih mulus ini, perempuan Korea ternyata tak hanya mengandalkan kondisi kulit bawaannya. Mereka rajin merawat kulit wajah dengan masker ginseng, memulas maskara, dan mengoleskan BB Cream (Blemish Balm Cream). Untuk memenuhi  kebutuhan perempuan Indonesia untuk tampil ala perempuan Korea tersebut, para produsen kosmetik dari Korea pun merambah pasar Indonesia. The Face Shop dan Etude House adalah beberapa di antaranya.

Membeli kosmetik dari Korea bukan satu-satunya hal yang bisa dilakukan para penggemar budaya pop Korea. Mereka bisa mempraktikkan riasan wajah Korea dengan membaca buku-buku tata rias wajah, seperti Korean Fever Make Up and Hair Do yang ditulis Ade Aprilia bersama make-up artist Merry Welinda. Mereka juga bisa meniru gaya berbusananya dengan berbelanja di butik-butik yang menyediakan busana-busana ala. Tak heran para produsen kosmetik tersebut berani menggelar kompetisi semacam “K-Most Look Competition”.

Link berita selengkapnya dapat dilihat di sini:
- K-Pop Makeup Tutorial?
- Riasan Mata Boneka Korean Dolly Look
- Panduan Make Up dan Hair Do ala Korea
- K-Pop Picu Operasi Plastik di Korea
- Rahasia Kulit Mulus ala Korea Masker Ginseng
- Maskara Kosmetik Wajib Perempuan Korea
- Kenapa Perempuan Korea Terobsesi Operasi Plastik
- Perempuan Korea Mendamba Wajah Eropa
- Hidung dan Mata Paling Sering Dioperasi Plastik
- Gangnam Surganya Belanja Sampai Operasi Plastik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com