Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Daycare" Punya Kelemahan, Anak Bisa Jadi Korban

Kompas.com - 12/09/2013, 12:11 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Daycare menjadi pilihan bagi sebagian orangtua bekerja untuk menitipkan anaknya pada periode waktu tertentu. Sebagian orangtua menganggap daycare punya nilai tambah dengan beragam program pendidikan dan pengasuhan anak, dibandingkan jika orangtua menitipkan anak ke pengasuh di rumah atau keluarga. Meski begitu, ternyata daycare juga punya kelemahan. Orangtua sebaiknya memerhatikan sejumlah faktor sebelum memutuskan memilih daycare.

Psikolog dari klinik tumbuh kembang Rainbow Clinic, Rika Ermasari, S.Psi, Ct, CHt mengatakan  daycare punya kelemahan terkait kontrol terhadap anak juga aturan yang boleh jadi bertentangan dengan aturan di rumah.

"Kelemahan daycare di antaranya kita tidak bisa mengontrol apa yang terjadi selama anak dititipkan. Di daycare ada banyak anak, belum tentu semuanya tertangani dengan baik. Aturan yang diterapkan daycare juga belum tentu sama dengan di rumah, sehingga membuat anak jadi bingung. Kalau anak menjadi bingung, anak menjadi korbannya," ungkap Rika saat talkshow parenting bersama ELC dan Brawijaya Women and Children Hospital di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Rika, kalau orangtua bisa mengontrol atau mendapatkan kepastian bahkan jaminan dari pemilik daycare bahwa anak terkontrol dengan baik, tak ada salahnya memilih daycare. Biasanya  orangtua bisa mendapatkan jaminan ini kalau mengenal langsung si pemilik daycare dan konsep pengasuhan yang diterapkannya.

Namun, jika asal memilih daycare, orangtua perlu mencermati bahwa ketika pengasuh mengurus banyak anak di daycare, mereka punya kepentingan.

"Pengasuh saat mengurus banyak anak, tentunya akan lebih suka dengan anak yang menuruti apa katanya, diam. Anak yang seperti ini akan lebih disukai. Lantas kalau ada anak yang aktif atau hiperaktif, lantas dicap autis," ungkapnya.

Rika menambahkan, aturan yang berlaku di daycare juga perlu mendapat perhatian orangtua. Biasanya, orangtua tidak bisa mengontrol aturan yang sudah diterapkan. Artinya, ketika memilih daycare, orangtua umumnya akan mengikuti aturan yang ada. Sayangnya, belum tentu aturan di daycare sejalan dengan aturan di rumah.

Jadi, kalau ingin mendapatkan hasil maksimal dari daycare, sebaiknya pilih yang aturannya setidaknya tidak bertentangan dengan di rumah, meski tak mudah untuk mendapatkan aturan yang sama persis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com