Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengubah Seks yang "Buruk" Jadi Lebih Menyenangkan

Kompas.com - 24/09/2013, 17:41 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber GALTime

KOMPAS.com - Kehidupan seks pasangan tidak selalu menyenangkan. Sesekali Anda pasti pernah merasakan namanya seks buruk dan yang tidak memuaskan.

Namun ketika Anda sedang merasakan pengalaman seks yang buruk, bukan berarti Anda tak bisa membuatnya jadi pengalaman yang lebih baik dan menyenangkan.

1. Percaya diri
Dalam soal cinta, perempuan yang paling percaya diri sekalipun bisa lupa betapa menakjubkannya mereka. Jodi Lipper, penulis buku How To Lobe Like a Hot Chick mengungkapkan bahwa semua perempuan cenderung mengalami rendah diri tentang tubuh mereka. Hal inilah yang menghambat kehidupan seks mereka.

"Anda itu hot dan tidak perlu meminta maaf karena merasa tidak hot. Saat si dia ingin berhubungan seks dengan Anda, ini berarti dia tertarik pada Anda. Maka biarkan semua gangguan dan pikiran tak berarti ini pergi, nikmatilah momen yang menyenangkan ini," ungkapnya.

Berkacalah di cermin dan ingatkan diri sendiri bahwa Anda punya nilai lebih dimatanya. Apakah Anda seksi menurutnya? pintar? menggairahkan? atau menyenangkan? biarlah semua hal ini meningkatkan kepercayaan diri Anda di depan si dia.

2. Ekspresikan diri Anda
Ketika bicara masalah seks, biasanya perempuan cenderung enggan untuk mengungkapkan perasaannya. Padahal Anda berhak untuk mengutarakan pendapat dan keinginan Anda saat bercinta kepada si dia.

Tina B. Tessina PhD, seorang psikoterapis di California mengungkapkan bahwa seks yang terbaik adalah hasil dari komunikasi yang jujur dan terbuka antarpasangan. "Sebenarnya seks yang terbaik itu dimulai dengan pecakapan yang jujur. Ketika mengekspresikan ketakutan, keinginan, dan harapan pada pasangan maka semua masalah sudah selesai. Anda bisa bersantai dan menikmati permainan," sarannya.

3. Menertawakan diri
Anda berdua tahu ketika sedang mengalami seks yang buruk, jadi kenapa tak mengubahnya jadi sesuatu yang lucu? Lisa Bahar, terapis keluarga dan konsultan pernikahan di Southern California menyarankan untuk memelihara rasa humor Anda sebelum bercinta lagi.

"Rasa humor akan membantu memunculkan perasaan positif dan mood yang baik akan membuat suasana hati jadi lebih baik lagi. Kalau memang sedang buruk, daripada marah-marah tak jelas, sebaiknya tertawakan saja kesalahan ini," jelasnya.

4. Jangan terburu-buru
Jika Anda terbiasa untuk melakukan seks kilat, maka cobalah untuk melakukannya perlahan-lahan. "Ketika melakukan seks lambat ini, anggap saja Anda memulai kembali koneksi fisik Anda dari awal. Ini sangat dibutuhkan untuk membantu Anda lebih fokus saat bercinta. Kalau sehari-hari Anda fokus bekerja dan mengurus rumah, maka akan sangat  sulit untuk mengganti fokus ini," papar David Klow, terapis perkawinan di Chicago.

Klow menyarankan untuk melakukan foreplay seperti menyentuh, merayu (sekalipun Anda sudah lama menikah) dan gaya flirting lainnya.

5. Menikmati diri
Sebagai perempuan, Anda mungkin sedikit berpikir bahwa Anda harus mengutamakan kepentingan dan kesenangan si dia. Ini tak salah, tapi Anda juga tak boleh melupakan kesenangan dan kebutuhan diri sendiri.

Anda memiliki kekuatan untuk membuat pengalaman ini berkesan dan menyenangkan bagi Anda berdua.Ambil sedikit kontrol dan membantu hal-hal panduan ke arah yang benar,"kata Lipper. Pikirkan tentang apa yang Anda suka, berkomunikasikan dengan pasangan, dan  menikmati seks Anda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com