Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPMI Trend Show 2014 : 14 Desainer Bakal Unjuk Koleksi Terkini

Kompas.com - 26/09/2013, 08:44 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Empat belas desainer Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menjanjikan peragaan terbaik mereka dalam Trend Show tahun ini. Para perancang lokal yang akan unjuk karya anyar mereka adalah Era Soekamto, Tuty Cholid, Syahreza Muslim, Carmanita, Liliana Lim, Denny Wirawan, Kanaya Tabitha, Votum Sebastian Gunawan, Barli Asmara, Sutanto Danuwidjaya, Spous Priyo Oktaviano, Mel Ahyar, Danny Satriadi dan Yogie Pratama.

Bekerjasama dengan majalah Harper Bazaar Indonesia, tahun ini Trend Show mengambil tema reinforcement atau pengukuhan, dan para desainer bakal menampilkan koleksinya selama dua hari berturut-turut dari 8 hingga 9 Oktober 2013 di Skenoo Hall, Gandaria City, Jakarta.

IPMI Trend Show sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1986 dan menjadi agenda tahunan buat para desainer yang tergabung di dalamnya. Tahun ini, menjadi pagelaran perdana buat tiga desainer yang baru bergabung, yakni Mel Ahyar, Danny Satriadi dan Yogie Pratama.

Era Soekamto, desainer yang juga salah satu pengurus IPMI mengungkapkan kalau tahun lalu Trend Show  berhasil memberikan energi untuk mode Indonesia. Tahun ini, pagelaran akan mengukuhkan dunia mode Indonesia dengan mengusung konsep triangle, yakni memenuhi nilai sejarah, menguatkan struktur desain dan memuat imajinasi akan pengembangan ide.

"Setiap desainer punya ciri khas dan karakter masing-masing, dan ini yang juga kembali ditonjolkan dalam pagelaran kali ini," ujar Era dalam media gathering yang berlangsung di Piazza, Ground Floor, Gandaria City, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Menanggapi Era, Ria Lirungan, pemimpin redaksi majalah Harper Bazaar Indonesia mengatakan IPMI termasuk selektif dalam merekrut desainer untuk menjadi anggotanya. Tidak setiap tahun, ikatan perancang Indonesia ini melakukan perekrutan dan karenanya menjadi menarik untuk melihat gebrakan dari para desainernya.

Menurut Ria, IPMI Trend Show kali ini juga menjadi bagian dari Bazaar Fashion Festival. Di samping itu juga akan ada pemilihan desainer muda berbakat yang nantinya berlaga di tingkat Asia, dan berkompetisi dengan desainer dari tiga negara lainnya, seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Tri Handoko, sebagai Ketua Panitia Trend Show mengungkapkan kalau peragaan kali ini bisa dibilang termasuk yang terbesar karena menggunakan dua panggung utama. Setiap harinya akan ada empat peragaan busana.

Di hari pertama, akan diisi oleh Yogie Pratama dan Tuty Cholid, Carmanita dan Syahreza Muslim, Mel Ahyar, Liliana Lim dan Denny Wirawan. Sementara di hari kedua, tampil Kanaya Tabitha dan Danny Satriadi, Era Soekamto dan Barli Asmara, Votum, Sutanto Danuwidjaya dan Spous Priyo Oktaviano.

"Selama dua hari, kita akan menyaksikan koleksi terbaik dari setiap desainer, dan ini jelas menjanjikan, karena mereka tentu menyiapkannya dengan maksimal," tambah Tri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com