Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2013, 14:34 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Shine

 

 

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentu berharap anaknya tumbuh sehat dan cerdas sehingga mereka sukses di masa depan. Untuk itu, selain memastikan anak mendapat nutrisi yang baik, orangtua juga perlu menjalankan pola asuh yang tepat sehingga kecerdasan anak terus berkembang.

Mengembangkan kecerdasan anak bukan berarti harus mengikutkan anak pada les ini-itu. Dengan interaksi sehari-hari kita juga bisa menstimulasi anak agar mereka lebih pintar.

- Ketahui minat dan ketertarikan anak.
Apa yang disukai anak, apakah membaca buku, berolahraga, bermain musik atau memasak. Mengenali minat anak yang besar pada satu bidang sangat membantu kita untuk mengenali potensinya. Anda juga lebih mudah mengajari anak berbagai hal melalui hal-hal yang menjadi minatnya itu sehingga kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

- Dorong untuk bertanya.
Dalam setiap kesempatan, dorong si kecil untuk bertanya. Rasa ingin tahunya yang besar merupakan modal untuk mengajarinya berbagai pengetahuan baru.

- Ajari mereka menemukan jawaban.
Setelah bertanya tentunya akan lahir rasa ingin tahu. Alih-alih langsung memberikan jawaban, ajaklah anak untuk mencari jawabannya bersama, misalkan dengan membuka buku atau melakukan demonstrasi sehingga imajinasi anak lebih terbangun.

- Membangun rasa ingin tahunya atas jawaban yang diberikan.
Jangan bosan menjawab pertanyaan anak, bahkan jika ia terus menerus bertanya. Satu informasi baru yang diterimanya saling terkait sama lain sehingga ia kelak ia akan membangun kesimpulan sendiri.

- Lakukan permainan yang memecahkan masalah.
Cukup banyak permainan yang bisa membantu anak mengembangkan kemampuannya memecahkan masalah. Misalnya bermain membuat bentuk dari lego, membuat kata, dan masih banyak lagi.

 - Dorong ia untuk terus menyukai hal-hal baru.
Meski anak sangat berminat pada musik, bukan berarti Anda tidak perlu mengenalkannya pada kegiatan olahraga. Ajarkan anak pada berbagai hal baru sehingga wawasannya bertambah luas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com