Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2013, 10:19 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber LiveStrong

Kompas.com - Saat memilih pakaian dalam, jangan cuma memperhatikan modelnya yang seksi. Perhatikan juga faktor material bahan. Beberapa jenis celana dalam sebaiknya tidak dipakai terlalu sering. Berbagai masalah kesehatan bisa timbul akibat memakai pakaian dalam yang tidak tepat.

Memakai celana dalam pada dasarnya bertujuan untuk melindungi vagina dari infeksi. Tetapi jika kita memakai pakaian dalam dengan material yang salah, risikonya bisa saja iritasi dan infeksi.

Untuk penggunaan sehari-hari, tak ada yang bisa mengalahkan celana dalam berbahan katun. Bahannya yang lembut dan nyaman membuat pakaian dalam dari bahan ini dianjurkan untuk kesehatan dan higienitas organ intim.

Bahan katun juga mudah menyerap keringat sehingga cocok dipakai dalam berbagai kesempatan, terutama untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu berkeringat. Satu-satunya saat bahan ini tidak cocok dipakai adalah ketika berolahraga berat seperti berlari.

Bahan katun akan menyerap keringat dengan cepat sehingga ketika sedang "banjir keringat", celana dalam katun akan menjadi berat dan juga beresiko ruam.

Sebagai gantinya, pilih pakaian dalam yang terbuat dari poliester atau nilon yang akan membuang keringat dari tubuh sehingga Anda tetap dingin dan nyaman saat berolahraga.

Beberapa jenis celana dalam bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama jika dipakai seharian. Misalnya saja celana dalam jenis thong. Desainnya yang unik membuat bakteri dapat dengan mudah pindah dari anus ke bagian vagina sehingga Anda beresiko mengalami infeksi. Tentu saja celana model ini bisa dipakai, tetapi hanya untuk waktu tertentu dan pemakaiannya sebentar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com