Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Rambut, Perempuan Rela Habiskan Banyak Uang

Kompas.com - 02/11/2013, 13:12 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Jika berbicara mengenai penampilan, kaum perempuan pastinya akan menghabiskan banyak biaya untuk mempercantik diri mereka. Bukan hanya untuk membeli pakaian atau sepatu, biaya tak sedikit mereka keluarkan untuk perawatan tubuh.

Untuk perawatan rambut misalnya, dalam sebuah survei di Inggris, seorang perempuan bisa menghabiskan biaya hampir 500 juta rupiah untuk membeli produk rambut selama hidup mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh situs Fabriah.com, menemukan bahwa wanita yang merasa bahagia bisa menghabiskan biaya sebesar Rp 8 juta selama setahun untuk keperluan sampo, kondisioner dan produk penataan rambut. Namun, jika dijumlah untuk biaya pengeluaran selama seumur hidup, jumlahnya bisa sangat besar.

Beban terbesar bagi responden yang disurvei ada pada baik sampo dan kondisioner yang sebesar Rp 2 juta 671 ribu per tahun, dan biaya tambahan untuk perawatan rambut lainnya seperti masker rambut dan perawatan intensif ke salon. Responden mengklaim mereka senang melakukan ini hanya karena untuk membuat rambut mereka tetap sehat dan indah.

"Jika rambut saya terlihat lembut dan indah, maka saya merasa cantik. Kegemaran saya dalam merawat rambut yaitu pada sampo dan kondisioner,” ujar salah seorang responden.

Produk styling merupakan pos pengeluaran yang tak kalah besar karena bisa menghabiskan sampai dengan 1,5 juta rupiah untuk hairspray dan produk lain seperti gel rambut. Untuk kesehatan rambut sendiri mereka menghabiskan sekitar Rp 890 ribu per tahun pada minyak rambut, serum rambut, dan spray rambut di siang hari agar rambut terlindung dari sinar matahari.

“Saya pernah membuat kesalahan besar saat membeli sampo yang harganya benar-benar murah. Bukan hasil rambut yang indah tapi malah jadi rusak,” ungkap responden lainnya.

Francesca Davies dari Fabriah.com mengatakan harga produk perawatan rambut memang tergantung pada kualitas produknya dan panjang pendeknya rambut. "Mereka yang memiliki rambut pendek tentu tidak akan menghabiskan banyak biaya untuk rambutnya,” katanya.

Ia menambahkan, kualitas produk sangat penting untuk kesehatan rambut. Misalnya, jika Anda memiliki rambut berwarna, kemudian gunakan sampo khusus untuk rambut tersebut. Jika Anda memiliki rambut kering, rapuh, beli juga produk yang sesuai.

“Selama Anda membeli produk berkualitas baik, maka Anda mampu untuk menjaga rambut Anda dengan baik dan sehat,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com