Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berada dalam Kelompok Bikin Wanita Terlihat Lebih Cantik

Kompas.com - 02/11/2013, 16:23 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Hampir setiap perempuan memiliki kecenderungan untuk berkoloni alias kumpul-kumpul. Selain untuk sharing atau melakukan percakapan santai, berada di antara teman-teman ternyata bisa membuat seorang wanita merasa lebih cantik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas California San Diego, AS, menemukan bahwa seseorang tampak lebih menarik ketika ia berada di dalam kelompok dibanding saat sendirian.

Selain karena kita cenderung lebih rileks dan banyak tertawa saat berada di antara teman-teman, ternyata ada juga penjelasan ilmiahnya.

Menurut peneliti, saat kita melihat sekelompok orang, sistem visual kita akan menciptakan "representasi kesatuan" yang membaurkan ciri-ciri fisik seseorang. Saraf-saraf kita juga akan membuat penampilan seseorang terlihat lebih menarik ketika ia berada di tengah kelompok.

Tetapi fenomena tersebut tentunya hanya terjadi saat kita merasa nyaman dan percaya diri, dan biasanya itu adalah ketika kita sedang bersama para sahabat.

Dalam episode How I Met Your Mother, Barney Stinson, menyebutkan fenomena ini sebagai "cheerleader effect". Menurutnya seorang wanita memang lebih cantik saat bersama teman-temannya.

"Lihat saja sekelompok cheerleader. Saat sedang beraksi mereka semua tampak sangat cantik dan seksi. Tetapi jika dilihat secara individual, sebenarnya penampilannya biasa saja," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com