Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2013, 10:15 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

 
KOMPAS.com -
Ada pemandangan yang khas setiap akhir pekan di Jakarta dan sekitarnya, kemacetan di setiap jalan masuk menuju pusat perbelanjaan atau mal. Para pengunjung, yang kebanyakan adalah keluarga, hilir mudik menyesaki setiap gerai atau restoran.

Ada banyak alasan mengapa kaum urban selalu memilih mal sebagai destinasi utama setiap akhir pekan. Mal saat ini memang kian berkembang menjadi pusat budaya urban, tak sekadar urusan jual beli belaka.

Untuk urusan mencari kebutuhan sehari-hari seperti sayuran atau makanan, sepatu, pakaian, kosmetik, semua ada. Jika ingin menambah koleksi buku, mengganti gadget, sampai merilekskan tubuh dengan pijat refleksi, juga tersedia di mal. Berbagai pameran seni dan budaya juga sekarang lebih sering diadakan di mal.

Bagi keluarga muda yang masih memiliki anak kecil, mal juga menjadi tempat bermain yang menyenangkan. Bersih, terang, dan berpendingin ruangan.

Hal itu juga yang menjadi alasan Thia Najoan Sitorus yang selalu mengajak puteranya Keynes (4) ke mal setiap akhir pekan. "Saya punya tempat main langganan yang lengkap. Sekali bayar sudah bisa melakukan berbagai permainan," kata wanita yang bekerja sebagai kepala bagian sumber daya manusia di sebuah perusahaan swasta ini.

Meski begitu ia juga berusaha mencari variasi untuk alternatif hiburan bagi putranya. "Tidak melulu ke mal, terkadang berwisata ke daerah pegunungan atau bahkan naik odong-odong di kampung," ujarnya.

Senada dengan Thia, Novia Triany juga lebih sering mengajak buah hatinya Gentha Alfally (4 bulan) jalan-jalan ke mal. Alasannya karena di mal udaranya sejuk.

"Mengajak anak ke mal juga sekalian mengajarinya beradaptasi sehingga ia terbiasa berada di antara orang banyak dan kelak tidak jadi anak penakut. Di luar itu, di mal banyak arena permainan untuk anak," katanya.

Jika tak ingin mengeluarkan uang untuk masuk ke wahana permainan, di mal juga tersedia berbagai hiburan gratis, mulai dari pertunjukan air mancur manari seperti yang ada di mal Grand Indonesia, taman terbuka seperti di mal Central Park, atau permainan seperti ayunan dan titian (monkey bar) yang tersebar di setiap lantai di mal Pondok Indah.

Tak heran jika setiap akhir pekan semua anggota keluarga berbondong-bondong ke mal. Anda termasuk?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com