Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2013, 10:38 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber BABYCENTER

KOMPAS.com — Mimpi melahirkan binatang, ada kucing dalam perut, atau kehilangan bayi? Jika Anda sedang hamil, kemungkinan besar Anda akan mengalami mimpi-mimpi yang aneh, bahkan menyeramkan.

Mimpi yang tampak nyata tersebut sebenarnya mencerminkan apa yang Anda pikirkan dan rasakan tentang kehamilan, yang terus berubah dari hari ke hari. Emosi calon ibu juga bervariasi dari rasa cemas menjadi tak sabar menanti kehadiran bayi.

Mimpi mungkin merupakan cara untuk melepaskan seluruh perasaan yang Anda rasakan seharian.

Berbeda dengan sebelum hamil, selama kehamilan, siklus tidur Anda mungkin terganggu karena Anda jadi lebih sering terbangun karena kaki kram, ingin buang air kecil, atau karena merasa tidak nyaman dengan perut.

Tidur yang bolak-balik terganggu itu bisa membuat kita lebih mengingat mimpi yang dialami, apalagi biasanya kita lebih mengingat mimpi ketika kita terbangun tak lama setelah mimpi itu datang. Ini sebabnya mengapa selama hamil Anda merasa lebih sering bermimpi dan mimpi itu tampak nyata.

Mimpi aneh selama kehamilan sebenarnya tak perlu dicemaskan. Nikmati saja masa-masa tersebut, bahkan Anda bisa mencatatnya dalam jurnal.

Beberapa ibu hamil mengaku mengalami mimpi yang menakutkan, misalnya saja mimpi kehilangan bayi atau mimpi melahirkan yang sangat nyata.

Jika Anda khawatir, bicarakan mimpi itu dengan pasangan atau dokter. Yang pasti, mimpi itu tidak bisa dijadikan patokan sesuatu akan terjadi pada masa depan. Sering kali mimpi tersebut hanyalah bunga tidur yang tak perlu dicemaskan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com