Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 13/09/2022, 09:54 WIB
Lusia Kus Anna

Editor



KOMPAS.com -
Jodoh Tuhan yang mengatur. Istilah itu tentu sudah tak asing lagi di telinga kita, bukan?

Siapa pun bisa bertemu dengan jodohnya, di mana pun, kapan pun, dan dalam kondisi apa pun, termasuk soal level kecerdasan.

Di dunia yang masih lekat dengan sistem patriakat, pemahaman bahwa lelaki harus lebih unggul termasuk dalam sisi kecerdasan dibandingkan pasangannya, masih kerap mengganjal dalam sebuah hubungan.

Jika tidak di antara pasangan tersebut yang akhirnya mempermasalahkan, bisa pula pergunjingan muncul dari keluarga atau pun orang sekitar.

Baca juga: Ukuran Pupil Mata Bisa Jadi Penanda Kecerdasan, Ini Penjelasannya

Padahal, di masa yang sudah amat maju seperti sekarang, siapa pun bisa menjadi lebih cerdas, tak peduli pria atau pun wanita.

Dan, kembali lagi soal jodoh tak ada yang tahu, maka sangat mungkin si wanita cerdas mendapatkan pasangan yang tak secemerlang dirinya.

American Psychological Association Journal of Personality dan Social Psychology bahkan pernah merilis penelitian yang menyebut, pria yang istrinya lebih cerdas dan sukses mengalami rasa minder atau rendah diri.

Sementara pria yang istrinya tidak begitu cerdas tidak mengalami hal ini. Padahal, mempunyai istri cerdas sebenarnya bagus bagi sang suami.

Apa saja keuntungannya?

Baca juga: Anak Cepat Memahami Visual? Bisa Jadi Punya Kecerdasan Visual Spasial

Kalau istrimu cerdas tentu kamu harus bangga. Ini membuat kamu merasa berhasil sebagai suami dan keluarga.

  • Istri cerdas membantu karir

Istri cerdas membuat atasan kagum. Bisa jadi atasan akan senang dengan kamu sebab istrimu bisa diajak berbicara topik-topik penting dan bukan hanya bergosip.

  • Istri cerdas menambah kaya

Dengan kecerdasannya, istri bisa menambah kekayaan keluarga. Kamu bisa berlibur ke tempat-tempat jauh. Istrimu bisa sekolah tinggi dan kamu bisa belajar banyak darinya.

  • Istri cerdas investasi masa depan

Kecantikan akan memudar, tetapi kecerdasan dan kepribadian tidak. Kecerdasan istri akan membuat masa depan keluarga semakin cerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com