Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2013, 17:53 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri fashion dan kecantikan umumnya memperhatikan kebijakan dan fasilitas untuk karyawan perempuan. Namun, bagaimana dengan perusahaan di bidang lain? Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut melindungi hak-hak kita, ada empat syarat yang mesti dipenuhi:

1. Perempuan punya kesempatan sama.
Baik Anda maupun rekan pria memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi. Bahkan, Anda kerap didorong untuk berani menerima tantangan.

2. Kebijakan ramah perempuan.
Menurut Jan Shubert, associate director untuk Babson College’s Center for Women in Leadership, semakin banyak perempuan di jajaran top level menandakan lingkungan kerja yang baik. Apalagi, jika kebijakan-kebijakan yang ada disesuaikan dengan nilai-nilai yang dekat dengan perempuan.

3. Jam kerja fleksibel.
Bukan berarti Anda bisa datang seenaknya, namun perusahaan memberikan toleransi yang cukup besar bagi mereka yang suah berkeluarga meminta ijin untuk pulang lebih cepat karena anaknya sakit, misalnya.

4. Fasilitas pendukung.
Beberapa perusahaan besar sudah melengkapi kantornya dengan beberapa fasilitas untuk perempuan, khususnya yang sudah berkeluarga. Misalnya saja ruang menyusui, atau tempat penitipan anak. (Bestari/Precilia)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com