Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2014, 08:34 WIB


Kompas.com -
Usia boleh bertambah, tapi kulit harus tetap terawat. Apa saja masalahnya dan bagaimana solusinya? Berikut panduannya:

Kerut/Keriput
Penyebab utama munculnya kerut/keriput adalah bertambahnya usia dan paparan sinar matahari. Kedua faktor ini menyebabkan berkurangnya kelembapan, elastisitas, dan kolagen.

Solusi:  Bersihkan wajah dan gunakan krim yang melembapkan, mengandung vitamin A, serta tabir surya setiap hari. Bisa juga ditambahkan renova atau ravin A, yang bermanfaat untuk mencegah kerutan serta mengembalikan kesehatan kulit.

Kulit Kering dan Bersisik
Kelembapan kulit yang sudah tidak stabil serta lambatnya produksi minyak dalam kulit adalah penyebab kulit kering serta bersisik. Faktor lainnya adalah keturunan, lingkungan, serta bertambahnya usia.

Solusi:  Gunakan pelembap setiap hari. Pilih produk yang mengandung hyluronic acid , yaitu zat yang bisa mengikat air di dalam kulit, dan glycerin yaitu komponen yang dapat membantu menyalurkan nutrisi ke dalam sel-sel kulit.

Kulit Kusam dan Kasar
Paparan sinar matahari menyebabkan terhambatnya pembentukan sel-sel kulit baru yang bisa meregenerasi kulit. Ini menyebabkan kulit menjadi kusam dan kasar seiring bertambahnya usia.

Solusi:  Gunakan produk yang mengandung asam glikolat , asam alfa hidroksi , vitamin C yang berguna untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, dan sekaligus mencerahkan kulit.

Gatal, Kemerahan, dan Iritasi
Umumnya terjadi akibat penggunaan kosmetik dengan formula yang terlalu berat dan seringnya melakukan pengelupasan kulit (eksfoliasi ). Bisa juga karena alergi terhadap suatu produk kosmetik.

Solusi:  Bisa diatasi dengan menggunakan krim hydrocortisone pada kulit yang terinfeksi. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

Noda di Wajah 
Vlek berwarna kecokelatan sering muncul di usia 35 plus . Ini terjadi karena produksi melanin yang berlebih dan tidak merata akibat pengaruh sinar UV. Sinar UV juga bisa memproduksi radikal bebas di dalam tubuh dan merusak molekul-molekul, serta memacu proses oksidasi pada kulit.

Solusi:  Krim yang mengandung vitamin C, asam glikolat  atau asam alfa hidroksi , bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel di wajah.

Jerawat
Beberapa faktor penyebab jerawat di antaranya, produksi minyak yang berlebih pada kulit menyebabkan penyumbatan pori-pori dan mendorong terjadinya infeksi kulit wajah.

Solusi:  Pada jerawat ringan bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat.  Untuk jerawat yang parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Beberapa obat yang biasanya digunakan adalah tetrasiklin  sebagai antibiotik untuk jerawat yang parah, accutane  untuk menurunkan produksi minyak pada wajah, serta retin A untuk membuka penyumbatan pori-pori.

Area Sekitar Mata
Area sekitar mata relatif lebih tipis dan sensitif. Bertambahnya usia membuat area ini tak lagi mulus.

Solusi:  Gunakan krim mata yang mengandung tabir surya, pilih yang tidak mengandung pewangi atau pengawet, penyebab iritasi. Bila sudah menggunakan pelembap khusus untuk kulit sensitif, tidak perlu lagi memakai eye cream . Pencegahan dari luar, gunakan kacamata hitam besar atau topi untuk melindungi kulit mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com