Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2014, 14:17 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com — Sebagai orangtua, pasti Anda sering kali melihat sikap dan perilaku yang membingungkan dari anak. Misalnya, ketika berulah, mereka tidak mau menurut, dan malah cenderung melawan. Namun saat gurunya yang memberi tahu, barulah anak mau mematuhinya.

Karena hal yang demikian, tak sedikit orangtua lantas meminta bantuan sang guru. Bagi anak, orangtua adalah sosok yang mengasuhnya, juga yang memenuhi kebutuhan fisik dan psikisnya. Adapun guru dinilai anak sebagai pendidik kala mereka membutuhkan informasi atau ingn mempelajari suatu informasi yang tidak mungkin dipenuhi semuanya oleh orangtua.

Peran orangtua dalam pendidikan dan perkembangan anak seharusnya ada pada urutan pertama. Pasalnya, orangtua adalah panutan anak dan yang paling tahu mana yang pas dan tidak untuk anaknya.

Nah, bagaimana agar anak bisa menerima orangtuanya? Caranya tak lain dengan menumbuhkan rasa nyaman dan lebih dekat dengan figur orangtua. Berikut beberapa inspirasi caranya:

Pembimbing utama

Dalam perkembangannya, anak memerlukan dorongan dan bimbingan orangtua, seperti saat ia mengalami kegagalan. Tekankan padanya suatu hal positif dari sebuah kegagalan bahwa ia bisa belajar dari kegagalan tersebut. Bimbingan orangtua ini akan memberi pesan kepada anak mengenai pentingnya untuk terus mencoba.

Jadilah teman

Menghadapi berbagai mata pelajaran di sekolah bukanlah satu-satunya hal yang menjadi perjuangan anak. Bisa jadi mereka mengalami masalah dengan temannya. Nah, di saat seperti ini, yang mereka perlukan adalah seseorang yang bersedia mendengarkan apa yang menjadi masalah mereka. Ingat, tanpa adanya pendamping yang mau mendengarkan masalahnya, anak akan memiliki tambahan beban dalam kehidupannya, yang bisa menurunkan harga diri dan motivasi belajarnya, bahkan jadi tak percaya pada orangtuanya lagi.

Jadilah guru

Orangtua tidak bisa begitu saja menyerahkan semuanya kepada guru. Meski anak ditangani oleh guru terbaik, mereka tetap bisa mengalami kesulitan untuk mampu memenuhi kebutuhan individual setiap anak. Anak tetap memerlukan perhatian secara pribadi. Nah, di sinilah peran orangtua untuk memastikan mereka mendapatkannya.

Jadi, tetaplah terlibat dengan tugas-tugas anak. Sisihkan waktu setiap hari untuk menawarkan bantuan. Jalinlah komunikasi dengan gurunya secara teratur guna mengetahui hal-hal yang terjadi sehari-hari di sekolah. Jika anak membutuhkan bantuan ekstra, aktiflah membantunya atau akan lebih baik lagi jika Anda bisa melakukannya bersama-sama.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com