Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model yang Sukses, Tak Sekadar Mengandalkan Tampilan Fisik Saja!

Kompas.com - 02/02/2014, 13:39 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang berpendapat bahwa menjadi model itu cuma butuh wajah cantik dan tubuh seksi saja. Padahal sebenarnya dibutuhkan lebih dari sekadar daya tarik fisik. Seperti profesi lainnya, jadi model juga harus punya keahlian tertentu.

"Jadi model itu nggak cuma bisa jalan di atas catwalk saja, tapi ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dikuasai, supaya bisa lebih sukses dan jadi model berkualitas," ungkap Bonadea Kometa, salah satu model Indonesia yang menjadi kontestan Asia Next Top Model putaran 2, beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Baginya, kalau hanya mengandalkan wajah cantik, tubuh seksi dan bisa jalan di catwalk, maka karier seorang model tidak akan bertahan lama. Lalu apa rahasia Bona bisa bertahan selama 10 tahun dalam industri mode sebagai seorang model?

1. Ciri khas
Untuk membedakan satu model dengan model lainnya, seorang model harus memiliki karakter dan gaya yang khas. Hal ini akan membantu sang model lebih mudah diingat oleh publik. "Ciri khas ini bisa dari gaya berbusana, ataupun gaya berjalannya," jelas Bona. 

2. Profesionalisme
Profesi model juga menuntut profesionalitas yang tinggi. Tujuannya, agar klien-klien seperti desainer atau perusahaan lainnya merasa puas dan senang bekerjasama dengan sang model,  menjaga hubungan baik dengan banyak pihak di berbagai kalangan bisa membantu konsistensi karier seorang model. Satu yang pasti, Bona menyarankan bahwa seorang model itu harus disiplin, bisa menjaga mood, dan selalu tepat waktu. 

"Jangan lupa, model juga harus menjaga tingkah lakunya. Tidaj ada orang yang mau bekerjasama dengan orang yang tingkah lakunya buruk, meskipun kerjaannya bagus dan wajahnya cantik. Ini yang membuat banyak model cantik kariernya tak bertahan lama," jelas perempuan 27 tahun ini. 

3. "Upgrade" kemampuan
Ilmu memang tak ada batasannya. Setiap waktu pasti ada saja ilmu yang harus ditambah. Menjadi model pun demikian. "Jangan cepat puas dengan kemampuan yang dimiliki sekarang. Karena di dunia model itu selalu ada saja ada kemampuan baru yang dibutuhkan dan regenerasi cepat sekali terjadi," jelas ibu satu anak ini. 

4. Jaga penampilan
Tak dimungkiri kalau model penampilan fisik merupakan kunci utama seorang model. Jadi, sangatlah penting untuk pandai menjaga penampilan. Tak perlu dandan berlebihan, yang penting rutin melalukan perawatan agar tampilan dan wajah terlihat senantiasa segar. "Setiap hari,  Anda bisa saja menjalankan audisi dari satu proyek ke proyek lainnya,  kalau tak cerdas mengakali penampilan supaya tetap terlihat terdepan, bisa jadi Anda gagal mendapat order," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com