Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2014, 17:09 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com — Tentu sangat menyenangkan jika anak bisa bercerita apakah ia senang di sekolahnya. Namun, hal itu cukup sulit dilakukan jika si kecil masih dalam usia prasekolah. Jangan khawatir, ada beberapa hal yang menjadi pertanda bahwa si kecil senang dengan sekolahnya.

Minggu-minggu pertama ia bersekolah di kelas taman bermain bukanlah hal yang mudah baginya. Oleh karena itu, berikan anak waktu untuk beradaptasi dengan gurunya, teman, bahkan rutinitas ke sekolah.

Berikut beberapa tanda si kecil senang dengan sekolahnya.

- Aktif berteman
Sesekali luangkan waktu untuk melihat aktivitas anak di kelas. Apakah ia tampak membaur dengan anak lain atau ia lebih suka bermain sendirian dan sulit diterima anak lain?

- Tanyakan tentang sekolah
Kunci yang penting adalah komunikasi. Meski anak usia prasekolah belum bisa diajak ngobrol panjang tentang sekolah, Anda bisa menanyakan pertanyaan sederhana. Misalnya, "Apakah kamu bersenang-senang di sekolah? Siapa teman baikmu di kelas? Apakah kamu suka dengan gurunya?" Jika anak tampak marah atau gugup dalam menjawab pertanyaan tersebut, maka mungkin ia mengalami kesulitan di sekolah.

- Komunikasi dengan guru
Gurunya menghabiskan waktu lima hari dalam seminggu dengan anak Anda. Jika anak tampak tidak senang di sekolah atau punya masalah dengan anak lain, maka gurunya mungkin mengetahui situasinya dengan jelas. Karena itu, sebaiknya Anda bertanya kepada gurunya.

Tanda si kecil tak senang di sekolah

- Sakit perut atau diare sebelum sekolah
Sakit pada waktu tertentu adalah hal yang wajar pada anak. Namun jika ia sering mengalami sakit menjelang sekolah, maka mungkin ia mengalami kecemasan.

- Gugup
Amati apakah anak mengalami tanda-tanda gugup seperti menggigit kuku, menghisap jari, mengompol, atau menarik-narik rambutnya.

- Diam
Anak mendadak jadi malas ditanya tentang sekolahnya, guru, atau teman sekolahnya. Ia memilih untuk diam atau mengalihkan topik pembicaraan.

- Tak mau berangkat
Anak tampak tidak tertarik atau bosan saat ada di kelas, atau ia jadi mogok sekolah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com