Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Murah Senyum Mudahkan Anda Mendapat Pekerjaan Idaman

Kompas.com - 08/04/2014, 18:40 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com -- Tidak semua orang dapat tenang menghadapi proses wawancara kerja, bahkan sebagian besar orang sering kali merasa cemas dan gugup. Tak sedikit yang tidak berhasil mendapatkan kerja akibat gagal menaklukkan rasa grogi serta tidak percaya diri tersebut. Bagaimana dengan Anda?

Apabila Anda tidak yakin dengan diri sendiri, proses kerja bisa jadi hal yang menegangkan. Jangankan menjawab pertanyaan dari pihak HRD, tersenyum saja rasanya sulit. Untuk memudahkan Anda melalui proses wawancara kerja dengan sukses, berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk memupuk kepercayaan diri.

1. Berpikir positif
Watak adalah landasan paling jujur seorang manusia, jangan meracuni diri Anda dengan khawatir akan mengalami kegagalan yang berlebihan. Sebelum melakukan wawancara kerja, bayangkanlah Anda berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut, pemikiran seperti ini dapat membantu Anda untuk merasa percaya diri saat proses wawancara kerja berlangsung.

2. Punya gambaran yang jelas tentang apa yang diinginkan
Untuk memperoleh kemajuan karier yang maksimal, Anda harus memiliki rangka rencana karier yang jelas dan realistis. Sebab, ambisi yang terlalu tinggi dan tidak diikuti dengan kemampuan yang mumpuni hanya akan membuat Anda menjadi pemimpi tanpa aktualisasi diri yang nyata.

Tanyakan kepada diri sendiri, apa kemampuan dan bakat Anda? Profesi seperti apa yang cocok dengan talenta yang Anda miliki tersebut? Kemudian, barulah mulai mencari pekerjaan dan perusahaan yang dapat merealisasikan cita-cita tersebut.

3. Berlatih
Tingkatkan keterampilan wawancara Anda dengan cara berlatih. Mintalah bantuan teman untuk menemani Anda latihan wawancara di rumah sebelum hari dan waktu yang ditentukan. Satu hal yang paling penting, cobalah untuk tidak panik dan berusaha untuk tetap jujur.

4. Dengarkan pihak lain
Wawancara bukan hanya tentang “menjual” diri sendiri, berikan waktu untuk mendengarkan pihak pewawancara. Memberikan kesempatan orang lain berbicara menunjukkan sikap yang terbuka, bijak, dan terbuka akan kompromi.

5. Tersenyumlah
Selain kemampuan diri, kesan pertama adalah hal yang mutlak dijaga saat wawancara. Sebab, pertemuan pertama menentukan proses penjajakan selanjutnya. Seperti dikutip dari Female First, penilaian saat wawancara kerja juga meliputi postur tubuh, intonasi suara, dan gaya bicara. Usahakan selalu berjalan dengan punggung tegak dan jangan lupa untuk tersenyum!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com