Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2014, 19:05 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Setiap anak akan melewati momen istimewa dalam tumbuh kembangnya. Sekali dalam seumur hidupnya, anak usia 1-6 memiliki keterampilan baru, yang biasanya dialami pada periode jelajah dan usia karya. Tugas orangtua selain mendampingi adalah memberikan apresiasi bahkan "merayakannya".

Perhatian dan apresiasi orangtua pada "momen wow" anak ini punya dampak jangka panjang. Jadi, selain merasa bangga dan bersyukur saat anak punya keterampilan baru, penting bagi orangtua untuk "merayakannya".

Psikolog keluarga, Roslina Verauli, atau yang akrab dipanggil Vera, mengatakan bahwa perayaan atas momen pertama tumbuh kembang menyimpan makna yang lebih besar dari hanya sekadar mensyukuri atau mengekspresikan rasa senang.

Menurutnya, berbagai bentuk perayaan atas keberhasilan anak dipercaya mampu untuk memberikan dampak yang kuat pada pertumbuhan si kecil di tahap selanjutnya, terutama bagi pertumbuhan psikososial.

"Ungkapan rasa bangga dari orang tua menumbuhkan perasaan kompeten pada anak, bahwa ia bisa. Kelak ia termotivasi dan tak segan untuk mengasah kemampuannya agar lebih terampil," katanya kepada Kompas Female.

Bentuk perayaan atas momen tumbuh kembang bisa dilakukan dengann cara sederhana antara lain membelikan hadiah untuk si anak, atau sekadar memuji dan memeluknya.

Apresiasi orangtua pada "momen wow" anak, apa pun bentuknya, berdampak besar. Tak sekedar menunjukkan kepada anak bahwa dia bisa, melainkan mampu menguasai dengan baik dan siap untuk mencapai tahap tumbuh kembang berikutnya.

Vera mengatakan, pencapaian dan perasaan kompeten penting bagi pertumbuhan emosi yang sehat pada anak, bahkan sejak usia 1,5 hingga 2 tahun. Anak akan memiliki penghayatan diri positif, kemampuan mengelola, dan kontrol diri.

"Emosi yang positif penting agar kelak anak mampu melangkah memasuki ranah sosial dengan terampil," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com