Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Aksesori dari Luar Negeri, Busana Muslimnya Pakai Buatan Indonesia

Kompas.com - 07/07/2014, 13:51 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Ada fakta menarik dari kebiasaan pengguna busana muslim di Indonesia. Desainer busana muslim, Hanie Hananto berbagi pengalamannya kepada Kompas Female.

Menurut Hanie, orang Indonesia punya kecenderungan tertentu dalam memilih dan memakai produk fashion dalam menciptakan penampilan gaya personalnya. Satu hal yang menonjol, mereka mengandalkan busana muslim buatan Indonesia yang lebih bisa memenuhi selera busananya.

Untuk pengguna busana muslim misalnya, demi tampil beda mereka kerap memilih aksesori seperti tas, sepatu merek ternama dan kebanyakan produk luar negeri. Namun untuk busana muslim, koleksi busana buatan Indonesia atau karya desainer busana muslim Indonesia tetap menjadi pilihannya. Padahal, busana muslim dari luar negeri terutama di Asia, kini semakin banyak bermunculan, bahkan beberapa di antaranya merupakan pesaing kuat yang mulai meresahkan pelaku bisnis busana muslim.

"Orang Indonesia pemakai busana muslim, barang-barang lainnya seperti tas, itu barang bermerek dari luar negeri. Tapi untuk busana muslim, mereka pakai buatan Indonesia," kata Hanie.

Busana muslim dari Indonesia tetap menjadi pilihan dan memang bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Tak hanya diminati pengguna busana muslim di dalam negeri, busana muslim Indonesia juga makin jadi incaran sekaligus menginspirasi gaya busana muslim di beberapa negara di Asia.

Alhasil, beberapa negara antara lain Tiongkok, Korea, Vietnam, Thailand mengincar pasar busana muslim Indonesia. Menurut Hanie, belajar dari Indonesia, mereka mulai menciptakan busana muslim sendiri atau busana yang bisa dipakai padu padan oleh pengguna busana muslim di Indonesia.

Thailand pesaing terkuat
Menurut Hanie, Thailand merupakan pesaing terkuat busana muslim Indonesia. Hanie bahkan mengatakan perkembangan busana muslim di Thailand harus menjadi perhatian dan mulai perlu diwaspadai.

"Thailand menciptakan dress yang bisa menjadi busana muslim. Warnanya beragam, harganya murah, dukungan pemerintahnya kuat," kata Hanie saat ditemui di Jakarta.

Sementara negara lain, kata Hanie, masih "mengintip" busana muslim Indonesia. Vietnam misalnya, meski mulai melirik pasar busana muslim, negara ini masih belum bisa memahami kebutuhan dan selera pasar busana muslim terutama pasar Indonesia.

Satu lagi yang perlu dicermati adalah Malaysia yang mulai bangkit, kata Hanie. Perhelatan mode di Malaysia mulai berkembang dari tadinya hanya menyasar kalangan tertentu, kini hadir semacam pekan mode yang lebih luas cakupannya.

Busana muslim Malaysia juga makin berkembang. Indonesia, meski kreativitas desainer dan pebisnis busana muslimnya diakui di berbagai negara, tetap perlu mawas diri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com