Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2015, 19:30 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber GALTime

KOMPAS.com – Situasi yang umum terjadi di Indonesia adalah orangtua yang tidur satu ranjang dengan bayi mereka. Sebenarnya, cara yang demikian bisa menimbulkan efek kurang menguntungkan untuk fase tumbuh kembang bayi.

Kebiasaan bayi tidur satu ranjang ini akan menimbulkan masalah, yaitu bayi tidak bisa tidur di ranjang mereka sendiri.  Padahal, melatih bayi untuk tidur di kasur sendiri semestinya dimulai saat usianya belum mencapai angka empat bulan.

Pasalnya, kala bayi mencapai usia empat bulan, perkembangan otak mereka sudah cenderung optimal, sehingga mereka lebih aktif bergerak. Hal yang demikian tentunya sangat merepotkan, jika bayi masih tidur bersama orangtua.

 “Pada akhirnya, hal ini akan memengaruhi pola waktu bayi dan mengganggu tidur orangtua,” ujar Brooke Nalle, penulis buku elektronik Ready, Set, Baby! The Watch and Learn Guide to Your Baby’s First Year.

Bila sekarang Anda tengah berencana untuk melatih bayi tidur di kamarnya sendiri, waktu yang disarankan adalah saat akhir pekan. Tujuannya agar kedua orangtua, ayah dan ibu memiliki banyak waktu untuk membantu mengajarkan anak belajar mandiri semenjak usia dini. 

“Tentukanlah jam tidur bayi dan mulai letakkan bayi dalam ranjangnya sebelum waktu tersebut. Ini bermanfaat agar bayi beradaptasi dengan kasurnya dan lingkungan di kamarnya sendiri,” saran Nalle.

Sukses mengatur pola dan jam tidur bayi bergantung pada komitmen ibu. Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan bayi lelah dan mengantuk, ini ciri-cirinya:

  • Menangis keras.
  • Memukul–mukul lengannya.
  • Gelisah dan menarik–narik botol susu atau puting payudara ibu.
  • Bayi menggosok mata.
  • Bayi menarik–narik telinganya.
  • Menguap bersuara.
  • Menaruh kepalanya pada bahu Anda.

Aturan 15 menit sebelum bayi tertidur

Nalle mengatakan bahwa waktu paling tepat meletakkan bayi pada kasurnya adalah 15 menit sebelum mereka benar-benar terlelap. Oleh karena itu, saat ibu melihat bayi sudah memberikan sinyal mengantuk seperti terurai di atas, segera timang buah hati Anda lalu letakkan pada kasur mereka. Iringi rasa kantuk bayi dengan menimang dan menyanyikan senandung tidur yang menenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com