Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2013, 07:41 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Seorang ibu akan melakukan apa pun untuk membahagiakan anak-anaknya. Meskipun dalam memenuhinya, mereka perlu berusaha ekstra keras, tetapi raut bahagia di wajah anak adalah kesempurnaan dalam hidup ibu. Lalu, bagaimana dengan kita sebagai anak-anak. Apa yang akan kita berikan pada ibu?

Apa pun akan dilakukan oleh seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan yang terbaik untuk anak-anaknya. Dengan seluruh pengorbanan dan pemberiannya tersebut, ternyata ibu tidak mengharapkan imbalan apa pun. Tetapi, di antara sejumlah materi, persembahan yang paling istimewa diberikan oleh ibu adalah doa.

Sekalipun tak mengharap balasan apa pun, tetapi kira-kira apa kado apa saja sih angan-angan Anda untuk diberikan kepada ibu?

"Saya mau banget membelikan mama sebuah apartemen lengkap dengan isinya dan asisten rumah tangga. Ini semua biar mama bisa lebih santai, banyak istirahatnya. Karena kasihan tangannya suka sakit kalau masih harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga," ungkap Anditya Dwi Mauliawati, mahasiswi perguruan swasta Jakarta, kepada Kompas Female.

Lebih dari itu, ia menyadari kado yang paling relevan untuk diberikan saat ini mungkin bukanlah kado berupa materi. Kado terbaik saat ini yang bisa diberikannya adalah sebuah gelar sarjana dengan nilai yang memuaskan.

Lain halnya dengan Yani, ia beranggapan bahwa secara materi, ibunya tergolong mampu memenuhi semua keinginannya sendiri. Namun, ia menyadari, sampai saat ini ada keinginan sang ibu yang belum dapat dipenuhinya. "Sebenarnya ini bukan masalah materi, orangtua saya terutama ibu sangat ingin melihat saya menikah. Mudah-mudahan bisa diwujudkan segera, karena saya tahu ibu saya menginginkan hal ini karena ingin melihat saya bahagia. Ibu akan bahagia kalau melihat anaknya bahagia," katanya.

Sedangkan beberapa responden lainnya mengungkapkan bahwa mereka sangat ingin menghadiahi ibu mereka dengan berbagai hal non-materi, seperti mendapatkan pekerjaan yang baik sehingga bisa hidup mandiri, kelulusan dari kuliah S-2, memberikan cucu yang lucu, memijat tubuhnya, ucapan selamat dan terima kasih, sampai mencium pipinya. "Yang pasti, kado terbaik untuk beliau adalah doa dari anak untuk ibunya agar selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan dalam hidup dan ini tak perlu menunggu sampai hari ibu tiba, tapi harus didoakan setiap hari," papar Ika, karyawan swasta di Samarinda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com