Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2013, 10:44 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber WomansDay

KOMPAS.com - Merawat tubuh memang jadi bagian dari ritual perempuan untuk menjaga penampilannya. Sayangnya kebanyakan perawatan masih berfokus di area wajah saja. Padahal yang butuh perhatian bukan saja di area ini, masih banyak area yang butuh perhatian, salah satunya kuku.

Sekalipun punya tekstur yang lebih kuat namun kuku juga mengalami proses penuaan dan masalahnya sendiri, misalnya warnanya menjadi kuning dan rapuh. "Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan sirkulasi bertahap dalam kuku," ungkap Glenn Kolansky, MD, dermatolog Red Bank, New Jersey. Ia menambahkan bahwa mengecat kuku ternyata juga bisa merusak kuku.
Berikut beberapa cara mudah untuk merawat kuku Anda.

1. Olahraga
Olahraga tak hanya membangun otot tapi juga membuat kuku jadi lebih sehat dan kuat. "20-30 menit latihan kardio sebanyak tiga kali seminggu akan meningkatkan aliran darah ke tangan dan kaki," ungkap Kolansky.

Sedangkan kuku kaki yang rapuh namun menebal, seperti diungkapkan ahli penyakit kaki, Elizabeth Kurt, DPM, bisa jadi disebabkan karena penggunaan sepatu yang terlalu ketat dan juga penggunaan hak tinggi.  

2. Pijat
Untuk memperindah tampilan kuku, jangan lupa memijatnya dengan menggunakan campuran gula, minyak zaitun dan jus lemon. Ahli penyakit kaki, Bela Pandit, DPM, mengungkapkan campuran ini akan membantu kelancaran sirkulasi darah, melembabkan sekaligus memutihkan kuku.

Campur satu sendok teh (masing-masing bahan) dalam mangkuk kecil kemudian gosokkan ke kuku dan kutikula dalam gerakan memutar selama 5-10 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com