Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2013, 13:10 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber WomansDay
Shutterstock Ilustrasi tas berukuran besar.

KOMPAS.com -
Tas kerja yang super stylish memang tak bisa membantu kita naik jabatan di kantor. Namun tak dimungkiri kalau tas kerja bisa meningkatkan penampilan dan juga membantu melancarkan pekerjaan Anda dengan beberapa cara, misalnya membawa dokumen kantor untuk diselesaikan di rumah dan lainnya.

Nah ketika memilih tas kerja, perhatikan beberapa hal ini agar Anda bisa mendapat tas yang fungsional sekaligus trendi.

1. Ukuran
Tas kerja yang ideal mungkin saja bisa dilihat berdasar ukurannya. Kebanyakan perempuan cenderung memilih tas berukuran besar untuk membawa banyak barang dan dokumen. "Tas besar ini memang lebih berguna. Seandainya Anda harus melakukan perjalanan kerja dadakan, Anda hanya perlu memasukan bahan tambahan penting ke dalamnya," ungkap Marshalls Style Expert, Jenn Falik.

Pilihlah tas kerja yang bisa menyimpan perlengkapan harian Anda. Namun pastikan juga agar tas ini tak kelihatan seperti tas untuk menginap. Ukuran yang disarankan adalah berkisar (lebar) 30 cm x 27 cm (tinggi).

2. Jangan abaikan gaya pribadi Anda
Jangan mudah termakan tren. Ikut tren sah-sah saja, tetapi jangan juga mengabaikan kepribadian. Tren biasanya tak bertahan lama dan mungkin saja tidak cocok dengan baju-baju kerja yang ada di lemari Anda. Entah apakah tas itu punya tali yang besar, manik-manik, warna cerah, atau bahan halus bisa saja jadi pilihan, asalkan sesuai dengan kepribadian Anda.

3. Pilih warna yang netral
Ganti tas setiap hari pasti bikin repot. Sehingga kemungkinannya Anda akan memakai tas ini minimal satu minggu penuh. Agar tak terlalu menarik perhatian (karena Anda dianggap malas ganti tas), maka pilihlah tas dengan warna-warna netral. Misalnya hitam, coklat, merah anggur, atau lainnya.

Warna netral ini juga bertujuan untuk melengkapi dan mudah dipasangkan dengan semua warna baju yang ada di lemari Anda. Terdengar membosankan? "Agar lebih bervariasi, tambahkan syal kecil atau syal berwarna lainnya sebagai aksen," ungkap Jay Alexander, penasehat gaya toko online, 6pm.com.

4. Ambil inspirasi dari atasan
Tak masalah kok mencontek gaya tas atasan Anda sebagai inspirasi. "Perhatikan tas atasan Anda dan ikuti gaya tas serta gaya berbusananya jika Anda ingin naik jabatan," jelas Robert Verdi, Celebrity Stylist.

5. Jangan lupakan fungsi
"Sebaiknya pilih tas kerja yang memiliki pegangan atas dan juga tali panjang. Ketika Anda memengang banyak dokumen, tas bisa diletakkan di bahu, dan sebaliknya," ungkap Alexander. Jika Anda memiliki banyak gadget maka pastikan bahwa ada cukup banyak saku di dalam tasnya.

6. Resleting
Untuk keamanan benda-benda di dalam tas, sebaiknya pilih tas yang memiliki resleting utama. Ini juga berfungsi agar barang-barang yang Anda bawa tidak tumpah keluar selama perjalanan.

7. Pilih yang ringan
Terlalu banyak lapisan di dalam tas bisa menambah beban tas kerja dengan hal-hal yang tak perlu. Tas yang terlalu berat akan membebani bahu Anda. Cobalah pilih tas yang terbuat dari bahan nilon ringan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com