Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Make-Up untuk Samarkan Efek Sinar UV di Wajah

Kompas.com - 03/12/2013, 10:16 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber idiva
KOMPAS.com - Salah satu efek sinar matahari pada kulit adalah pigmentasi yang menyebabkan warna kulit tidak merata, kusam, dan juga bintik-bintik kehitaman. Apa yang bisa kita lakukan untuk menyamarkan efek pigmentasi tersebut?

1. Bercak hitam
Untuk menyembunyikan tanda-tanda penuaan seperti bercak hitam dan bintik-bintik, gunakan korektor dan concealer dengan warna oranye atau warna yang sesuai dengan warna kulit.

Kulit tropis sangat rentan dengan pigmentasi sehingga warna kulit tak merata. Oleh karena itu pilihlah foundation satu atau dua warna lebih cerah dibanding warna kulit. Ini akan membuat bercak kehitaman tampak memudar. Setelah itu terapkan korektor dan concealer warna oranye sebelum foundation dan juga make-up lainnya.

2. Warna  kulit tak rata
Untuk menyiasatinya, pulaskan foundation dengan merata ke seluruh wajah. Setelah merata oleskan nuansa emas dan perunggu untuk menyoroti kelopak mata dan tulang pipi.

3. Bibir yang menghitam
Banyak perempuan yang mengalami masalah perubahan warna bibir menjadi sedikit kehitaman (akibat matahari atau kosmetik yang salah). Untuk menyembunyikannya, oleskan saja lipbalm dan bingkai dengan  lip liner. Oleskan dengan lipstik berwarna oranye untuk menetralkan bibir yang gelap.

4. Bekas jerawat
Bekas jerawat pasti membuat Anda tak pede untuk berdandan. Setelah mengaplikasikan foundation dan bedak, hati-hatilah saat menggunaan blush-on. Oleskan blush-on tipis-tipis. Blush-on yang terlalu tebal akan membuat bekas jerawat Anda terlihat menonjol dan membesar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com