Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2013, 10:08 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Untuk beberapa barang yang dianggap bisa menunjang penampilan, seperti tas atau sepatu, sebagian besar perempuan tidak lagi mempersoalkan harga. Mereka tak segan mengeluarkan uang cukup besar untuk membeli barang-barang tersebut.

Agar perilaku konsumtif tak terlanjur menjadi gaya hidup Anda, 7 trik berikut bisa mengingatkan Anda agar menjadi konsumen yang cerdas.

1. Membuat daftar

Lihatlah deretan sepatu yang Anda miliki, lalu cari tahu sepatu apa lagi yang Anda butuhkan. Dengan begitu ketika sedang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, Anda tidak kalap untuk membeli sepatu yang terlihat "lucu".

2. Cocokkan jenis sepatu dengan busana yang dimiliki

Serasikan warna sepatu dengan mayoritas warna busana yang dimiliki. Jika Anda ingin sekali mempunyai sepatu pump warna ungu, ingatlah kembali apakah Anda punya pakaian yang bisa untuk mencocokkan warna itu.


3. Voucher diskon di toko online

Apabila Anda tertarik membeli voucher diskon untuk berbelanja di situs toko online tertentu, pastikan apakah diskon tersebut tidak memiliki persyaratan lainnya. Perhatikan pula apakah situs itu menanggung biaya ongkos kirim dan pengembalian. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika ternyata ukuran sepatu tidak sesuai dan perlu dikembalikan tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.


4. Periksa kualitas

Periksalah jahitan pada sepatu, apakah rapi dan kuat. Apabila hasil pengerjaan sepatu tersebut rapi, maka tidak apa jika Anda mengeluarkan biaya besar untuk membeli sepatu tersebut. Seringkali harga barang menentukan kualitas produk itu sendiri.

5. Desain yang tak ketinggalan zaman

Selain masalah kualitas, tak kalah penting adalah desainnya. Jangan menghabiskan uang untuk barang yang modelnya akan ketinggalan zaman dalam beberapa bulan. Lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih banyak tetapi modelnya cocok dipakai dalam jangka panjang.

6 . Beli ketika musim sale

Membeli sepatu bermerek saat musim diskon lebih disarankan karena kualitas barang tetap sama hanya Anda mendapatkannya dengan harga yang lebih murah.


7 . Rawat sepatu Anda

Alas kaki yang bersih membuat penampilan si pemakainya juga menarik. Rawatlah sepatu Anda sehingga kondisinya selalu bersih. Setelah memakainya jangan lupa taburkan baking soda di dalamnya untuk menyerap bau dan keringat setelah pemakaian. Simpan sepatu pada wadah asalnya dan letakkan di tempat sejuk agar sepatu lebih tahan lama.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com