Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2013, 12:53 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber yourtango
KOMPAS.com - Saat teman sedang menghadapi masalah dan butuh curhat tentang pasangannya, seringkali Anda justru kebingungan. Bingung bagaimana harus menasihati dan juga memberi tanggapan agar ia terhibur. Saking bingungnya, bisa jadi tanpa sadar Anda justru berbohong kepada si teman.

Kebohongan apa saja sih yang sering diucapkan kepada teman-teman perempuannya yang bercerita tentang pasangan atau kencannya.

 "Dia mungkin sedang sibuk"

Si teman mengeluhkan tentang pasangannya yang dulu selalu bersikap romantis dan juga rajin mengirim bunga. Namun, belakangan ini si pasangannya itu menjadi lebih cuek. Nah, kalau sudah begini, jawaban yang paling sering diungkapkan adalah "Dia mungkin sedang sibuk."

Padahal, sebenarnya Anda tak tahu kan pria itu sedang sibuk atau tidak? Kalimat ini hanyalah kalimat penghiburan, karena intinya semua orang punya jumlah waktu dan jam yang sama. Yang berbeda hanyalah kemauan dan pengaturan waktu masing-masing orang.

"Aku tahu rasanya"
Hmm...mungkinkah Anda benar-benar tahu bagaimana perasaannya? Mungkin Anda memang pernah merasakan hal yang sama, tapi tetap saja tidak akan bisa sama persis dengan apa yang sedang ia rasakan.

Anda mungkin punya saran yang baik, namun kalimat "Aku tahu perasaanmu" ini sebenarnya lebih bertujuan untuk memulai percakapan tentang diri Anda sendiri daripada memberi masukan dan saran kepada teman Anda.

"Dia curang padamu"
Eits...jangan buru-buru berpikir negatif saat menanggapi cerita tentang seseorang yang sedang dikeluhkan oleh teman. Anda tak tahu bagaimana kejelasan dan inti masalahnya. Daripada menyebar gosip dan menambah masalah, jangan pernah mengatakan hal itu pada teman Anda kalau Anda tak tahu masalahnya.

"Semua pria itu sama"
Familiar dengan kata-kata ini? Percaya atau tidak, banyak perempuan sering mengatakan hal ini. Padahal, pria itu tidak ada yang sama. Ada beberapa orang yang dapat membuat Anda merasa nyaman dan cocok. Namun ada juga yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman atau bahkan buruk.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com